PLN UID Sumut Kembali Nyalakan Listrik untuk 272 Warga tak Mampu di Serdang Bedagai

Sebagai upaya mendorong rasio elektrifikasi, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumut kembali menyalakan sambungan baru listrik melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 272 warga tidak mampu di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Jumat (1/12/2023).

topmetro.news – Sebagai upaya mendorong rasio elektrifikasi, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumut kembali menyalakan sambungan baru listrik melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 272 warga tidak mampu di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Jumat (1/12/2023).

Hadir langsung dalam peresmian dan penyalaaan Program BPBL, Direktur Niaga PT PLN (Persero) yang diwakili Staff Ahli Direktur Retail dan Niaga Nimrod Gordon Sitorus. Juga Senior Manager Niaga dan Management Pelanggan Dony Adriansyah, dan anggota Komisi VII DPR RI Hendrik H Sitompul.

Lokasi kegiatan di Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Tanjung Beringin dan Pekan Bandar Khalifah, Kecamatan Bandar Khalifah, Serdang Bedagai.

Hendrik H Sitompul mengatakan Program BPBL yang diinisasi oleh pemerintah melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini menyasar masyarakat tidak mampu untuk memberikan keringanan pemasangan listrik daya 900 VA.

“Masyarakat yang mendapatkan bantuan ini harus terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Juga merupakan masyarakat 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Dan/atau tervalidasi oleh kepala desa/lurah atau pejabat yang setara. Dan tentunya sudah ada jaringan listrik di depan rumahnya,” terang Hendrik.

Komitmen PLN

Pada kesempatan yang sama, Nimrod Gordon Sitorus menyampaikan, Program BPBL ini menjadi bukti komitmen PLN untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat tidak mampu. Juga sebagai komitmen menyiapkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik.

“Melalui program ini merupakan bukti nyata dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengejar target rasio elektrifikasi sebesar 100%. Di mana saat ini rasio elektrifikasi atau perbandingan rumah tangga berlistrik dengan total rumah tangga di Indonesia hingga semester I 2023 telah mencapai angka 99,70 %,” ujar Nimrod.

Liza Sari Wahyuni, salah satu penerima manfaat mengungkapkan kegembiraannya mendapatkan bantuan program BPBL. Perempuan yang suaminya berprofesi sebagai nelayan ini biasanya memperoleh listrik menyalur dari tetangga.

“Terima kasih kami ucapkan kepada pemerintah dan PLN atas bantuan pasang baru listrik di rumah kami. Kini, kami tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan listrik untuk kebutuhan sehari-hari,” ungkap Liza.

PLN Mobile

Di tempat terpisah, General Manager PLN UID Sumatera Utara Awaluddin Hafid mengucapkan selamat kepada 272 warga Serdang Bedagai yang telah menikmati listrik. Yakni melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

“Selamat kepada 272 penerima bantuan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Tanjung Beringin dan Pekan Bandar Khalifah, Kecamatan Bandar Khalifah, Kabupaten Serdang Bedagai. Ini merupakan bukti negara hadir untuk masyarakat,” pungkas Awaluddin.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mendownload dan menggunakan aplikasi superapps PLN Mobile. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui ‘PlayStore’ dan ‘AppStore’. Melalui Aplikasi PLN Mobile masyarakat tidak perlu mendatangi kantor PLN. Warga dapat mengakses seluruh layanan PLN di mana pun dan kapan pun, cukup hanya dalam satu genggaman.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment