Jangan Sampai Semua Bupati Pindah Kantor ke KPK…

Basaria Panjaitan: Jangan Sampai Semua Bupati Pindah Kantor ke KPK!

Sudah 81 Kepala Daerah Ditangkap

TOPMETRO.NEWS – Pasca ditangkapnya Bupati Batubara OK Arya Zulkarnaen yang diduga terlibat kasus korupsi menerima suap proyek infrastruktur, KPK mengingatkan agar kepala daerah tidak ‘bermain api’.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan berharap tidak ada lagi kepala daerah yang tertangkap tangan dan terjerat kasus korupsi. Dia tidak ingin para kepala daerah berkumpul dan berkantor di Gedung KPK.

“Harapan terakhir, kita tidak ingin semua bupati pindah ke kantor KPK di Kuningan,” ujar Basaria , Kamis (14/9) seperti dikutip dari liputan6.

Untuk pencegahan, kata dia, KPK telah melakukan sejumlah hal. Salah satunya dengan menggandeng sejumlah daerah, seperti di Bandung dan Surabaya.

Mereka bersama pemerintah setempat menerapkan aplikasi pencegahan korupsi.

“Harapan kita dengan aplikasi ini, tidak terjadi kembali. Tapi secanggih apapun aplikasi dan teknologi yang diberikan, terap yang mengendalikan adalah manusia,” tutur Basaria.

Dia menyesalkan masih adanya kepala daerah yang terjerat kasus korupsi.

Menurut Basaria, KPK telah gencar melakukan upaya pencegahan dan pengawasan di daerah-daerah.

Semenjak KPK berdiri pada 2004 hingga September 2017, penyidik telah menangkap 81 kepala daerah mulai dari gubernur, bupati, dan wali kota terkait pusaran korupsi. (tmn)

Related posts

Leave a Comment