Niat Kuliah di Inggris? Ini yang Harus Anda Siapkan!

Advertisement

TOPMETRO.NEWS– Di setiap negara dan universitas punya permintaan berbeda. Begitu juga dengan Inggris dan perguruan tingginya. Nah, agar sukses menembus universitas yang diinginkan dan tidak sengsara di Inggris, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melamar. Apa saja?

Sebagaimana dilansir TRIBUNNEWS biaya tentu faktor penting. Kesan pendidikan di Inggris memang mahal. Namun sebenarnya, itu tergantung pada pilihan jurusan, kota tempat studi, serta lama studi.

Berkunjung ke sejumlah kota di Inggris pada November 2016 lalu dan menemui pelajar Indonesia, kita mendapat gambaran tentang biaya kuliah dan hidup di Inggris.

Biaya kuliah untuk mahasiswa Indonesia lebih mahal dari warga lokal ataupun Uni Eropa. Baik untuk program S-1 ataupun S-2, biayanya berkisar antara 16.000 – 40.000 Pound Sterling.

Program studi sangat mempengaruhi biaya yang dibayar. Program kedokteran misalnya, biayanya bisa mencapai 32.000 – 40.000 Pound Sterling.

Sementara itu, biaya hidup bervariasi tergantung kota. Di London, paling tidak harus menyediakan uang 1.250 Pound Sterling per bulan, mencakup biaya tempat tinggal, makan, dan transportasi.

Sementara menurut penuturan Janu Muhammad, mahasiswa Indonesia di University of Birmingham, di kotanya biayanya bisa lebih murah.

“Birmingham itu seperti Jogja. Murah. Untuk tempat tinggal 500 Pound Sterling sudah bagus,” katanya. Total biaya hidup sebulan bisa antara 900 – 1000 Pound Sterling. (tr)

Advertisement

Related posts

Leave a Comment