Wakil Walikota Buka Rakorbang Triwulan

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Wakil Walikota Pematangsiantar  Hefriansyah,SE.MM yang diwakili Plt Sekda Ir.Reinward Simanjuntak,MM membuka Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Kota Pematangsiantar Triwulan I Tahun 2017, Rabu pagi (8/3) di Aula Serbaguna Bappeda.

Dalam sambutan yang dibacakan Plt.Sekda Wakil Walikota yang juga Pelaksana Harian Walikota ini mengajak seluruh SKPD untuk dapat merencanakan program program prioritas. Perencanaan harus dapat meningkatkan pemerataan pendapatan masyarakat, meningkatkan kesempatan kerja, lapangan usaha, peningkatan akses dan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan daya saing daerah.

Selain itu dibutuhkan koordinasi teknis, antar semua sektoral  untuk mewujudkan keberhasilan pencapaian program tersebut dengan melibatkan semua pihak. Disamping itu, SKPD yang mempunyai program yang bersumber dari APBN diminta untuk menyiapkan usulannya melalui Aplikasi E-Musrembang yang dikordinasikan dengan BAPPEDA.

Seluruh SKPD juga diminta agar membenahi kelengkapan perencanaan teknis, seperti pembuatan Feasibility Study (FS), Detail Engineering Design (DED), Rencana Anggara Biaya (RAB), dan dokumen lainnya sebagai data pendukung usulan kegiatan yang bersumber dari APBD Propinsi maupun APBN. “Sehingga usulan kegiatan yang belum terealisasikan pemerintah atasan, pada masa mendatang kiranya dapat direalisasikan,”katanya.

Selain itu Plh.Walikota juga meminta agar pelaksanaan berbagai kegiatan yang direncanakan dapat segera dimulai serta dikoordinasikan, sehingga tidak menumpuk di akhir tahun. Sebab, kecenderungan penumpukan penyelesaian anggaran di akhir tahun akan menimbulkan konsekuensi pada rendahnya kualitas hasil pembangunan sekaligus berkurangnya nilai tambah kegiatan bagi kesejahteraan rakyat. Maka dari itu diharapkan agar tingkat penyerapan anggaran tahun 2017 dapat lebih baik dari tahun sebelumnya, mengingat dampak pentingnya dalam mendorong percepatan perekonomian masyarakat.

Sementara itu Plt.Kepala Badan Perencana Kota Pematangsiantar Acai Tagor Sijabat,AP.M.Si melaporkan bahwa tujuan Rakorbang ini adalah melaksanakan monitoring, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan Triwulan-I Tahun 2017 di lingkungan Pwmko Pematangsiantar.  Tujuan lainnya adalah untuk membuka wawasan bagi aparatur pemerintah guna mewujudkan prioritas pembangunan dibidang infrastruktur.

Turut memberikan pemaparan, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs.Pardamean Silaen,M.Si dengan judul “Percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pmerintah TA 2017” serta Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Ir.Adiaksa Purba dengan judul “Mekanisme pencairan anggaran untuk mempercepat penyerapan anggaran TA 2017”. (TM/Hen)

 21 total views,  1 views today

Advertisement

Related posts

Leave a Comment