Hongkong, Sunyi Tanpa Raungan Klakson, Bagaimana Medan?

Jalanan di Hongkong Sunyi Tanpa Raungan Klakson, Bagaimana Medan?

TOPMETRO.NEWS – Hongkong terkenal dengan perilaku berkendara yang sangat baik. Warganya yang menggunakan kendaraan pasti selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

Tak hanya itu, warga Hongkong juga terkenal bersabar. Jika harus antre, mereka dengan tertib mengantre. Termasuk ketika macet.

Pandapotan Silalahi, reporter TOPMETRO.NEWS yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Hongkong merasakan betapa baiknya prilaku berkendara orang-orang di sana.

Saat sesekali macet di jalan tol, tak ada raungan suara klakson yang terdengar. Mobil angkutan umum yang rata-rata bertingkat dua, biasanya berjalan sebagaimana mestinya. Para driver (sopir) angkutan umum sabar di antrean, tidak mengumbar klakson.

“Di sini (Hongkong), bisa dihitung jari berapa banyak bunyi klakson, nggak lebih dari 3 kali sehari,” ujar Rudi, seorang pemandu wisata Hongkong kepada TOPMETRO.NEWS beberapa waktu lalu.

Kondisi ini tentu berbanding terbalik dengan Indonesia secara khusus Kota Medan. Seakan seperti paduan suara, bunyi klakson selalu terdengar di sana sini. Terlebih saat macet, klakson seolah bersahut-sahutan.

“Hongkong salah satu negara yang warganya selalu tertib antre. Semua mau antre, sabar dan sesuai aturan. Tidak ada yang mengumbar klakson, apalagi sampai memotong antrean,” tambah Rudi.(***)

Related posts

Leave a Comment