Head to Head Kekuatan 3 Pasangan Cagub Sumut 2018 di Facebook

cagub sumut 2018

Topmetro.news – Kekuatan masing-masing pasangan Cagub Sumut 2018 mulai terlihat jelas meskipun masih enam bulan lagi menjelang hari pemilihan. Tiga pasangan calon Gubernur Sumut yang sudah memastikan diri maju ke ‘duel’ demokrasi lima tahunan ini, sudah mulai menjalankan strateginya baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Kali ini tim Topmetro.news coba memantau peta kekuatan masing-masing pasangan di facebook. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini facebook merupakan salah satu media social yang memiliki jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Sehingga media ini tentu akan menjadi salah satu alat komunikasi terbaik yang digunakan oleh masing-masing pasangan untuk menjalankan strategi pemenangannya.

Jumlah pengguna facebook di Sumut

Beberapa waktu lalu tim Topmetro.news memantau jumlah pengguna facebook di Sumatera Utara melalui akun periklanan facebook. Dari hasil pantauan tersebut diperoleh data bahwa jumlah pengguna facebook di Sumut saat ini untuk usia 18 tahun keatas (usia pemilih) berjumlah 7.100.000 orang pengguna.

Jika dibandingkan dengan total jumlah pemilih di Sumut pada pilgubsu mendatang yang diperkirakan mencapai angka 11 juta pemilih, maka jumlah pengguna facebook pada usia pemilih di Sumut setara dengan 64,5%.

jumlah pengguna facebook di sumut
Gambar Jumlah pengguna facebook di Sumut usia 18 tahun keatas berdasarkan akun periklanan facebook

 

Kekuatan Masing-masing Pasangan Cagub Sumut 2018 di Facebook

Dalam menilai kekuatan masing-masing pasangan cagub Sumut 2018 di facebook, tim Topmetro.news menggunakan dua indikator. Indikator pertama yaitu dengan membandingkan jumlah pengikut yang menyukai fanspage masing-masing pasangan. Dan yang kedua adalah dengan membandingkan jumlah anggota group aktif masing-masing pasangan.

Selain itu, jika ditemukan beberapa fanspage dan group facebook masing-masing pasangan, maka tim Topmetro.news hanya mengambil satu dengan jumlah pengikut atau anggota group terbanyak.

Pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah

Berdasarkan hasil pengamatan tim Topmetro.news, pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah (Ijeck) menempati posisi pertama. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengikut fanspage Edy Rahmayadi sebagai Calon Gubernur Sumut 2018 dengan jumlah 77.000 orang dan jumlah anggota group aktif sebanyak 21.000 anggota.

Tak hanya itu, Edy Rahmayadi juga sudah membangun sebuah fanspage untuk tiap kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara.

facebook cagub sumut edy rahmayadi

Sedangkan Musa Rajeckshah sebagai wakilnya, pada fanspage “Sahabat Ijeck” memiliki jumlah pengikut sebanyak 33.000 orang. Dalam group “Ijeck Fans Club” calon wakil gubernur ini hanya memiliki anggota aktif sebanyak 1.100 orang anggota.

facebook cawagub sumut ijeck

Jika digabungkan, pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah memiliki jumlah pengikut fanspage sebanyak 110.000 orang dan anggota group aktif sebanyak 22.100 anggota.

Pasangan JR Saragih dan Ance Selian

Pasangan Cagub Sumut 2018 JR Saragih dan Ance Selian berada di posisi kedua untuk jumlah fans dan anggota group facebook terbanyak. Fanspage “JR Saragih” sebagai cagub Sumut memiliki jumlah fans sebanyak 57.000 orang. Sedangkan Anggota group facebook aktif “JR SARAGIH – ANCE SELIAN” memiliki 29.000 orang anggota.

facebook cagub sumut jr saragih

Dari sisi Ance Selian sebagai calon wakilnya, tim Topmetro.news tidak menemukan fanspage yang terkait dengan namanya. Tidak hanya itu, pada pencarian group aktif terkait nama Ance Selian, tim Topmetro.news juga hanya menemukan group “JR SARAGIH – ANCE SELIAN”.

facebook cawagub sumut ance selian

Jika ditotal, jumlah pengikut fanspage pasangan JR Saragih dan Ance Selian berjumlah 57.000 orang. Sedangkan jumlah anggota Group facebook aktif pasangan ini berjumlah 29.000 anggota.

Pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus

Pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus berada di posisi terakhir untuk jumlah fans dan anggota group facebook terbanyak. Djarot Saiful Hidayat sebagai calon Gubernur Sumut 2018 memiliki jumlah fans facebook sebanyak 1.100 orang. Sedangkan untuk jumlah anggota group aktif, cagub Sumut yang diusung partai PDIP dan PPP ini memiliki anggota sebanyak 3.200 orang.

facebook cagub sumut djarot saiful hidayat

Sihar Sitorus sebagai pasangan Djarot memiliki beberapa fanspage facebook pada pencarian facebook yang terkait dengan namanya. Dalam hal ini kami hanya mengambil satu dengan jumlah yang terbesar yaitu pada halaman fanspage “Djarot Sihar” dengan jumlah pengikut sebanyak 8.300 orang.

Sedangkan jumlah anggota group facebook aktif, group “DJAROT – SIHAR UNTUK SUMUT 1” memiliki jumlah anggota sebanyak 44.000 anggota.

facebook cawagub sumut sihar sitorus

Jika ditotal, jumlah fans facebook pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus berjumlah 9.400 orang. Sedangkan total anggota group aktif pasangan ini berjumlah 47.200 anggota.

Pemimpin Redaksi topmetro.news, Erris Julietta Napitupulu menjelaskan bahwa data yang diperoleh timnya murni berdasarkan hasil pengamatan di facebook dua hari terakhir. Dia juga menyampaikan bahwa data ini dapat terus berubah seiring dengan sosialisasi yang dilakukan masing-masing tim pemenangan melalui facebook.

“Data yang ditampilkan ini murni diambil dari pengamatan yang dilakukan tim kita di facebook dari fanspage dan group masing-masing pasangan calon”, ungkap Erris.

(TM/RED)

Related posts

Leave a Comment