Ini 7 Tips Cara Membuat Password Aman

topmetro.news – Password sangat penting untuk menjaga keamanan data kita. Banyak hal negatif yang dapat terjadi ketika password bocor ke tangan orang lain. Maka sangat perlu membuat password aman supaya data dan rahasia kita tidak mudah dibuka pihak lain.

Berikut ini ada tujuh tips membuat password yang aman seperti dirangkum dari ‘Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia’:

Pertama buatlah password yang tidak berhubungan dengan kita, keluarga, kesukaan, makanan kesukaan, bahkan bintang kesayangan. Semua hal yang berhubungan atau mendekati apa yang kita sukai pasti akan dicoba oleh orang yang hendak mengakses data kita.

Cara seperti ini merupakan metode social engineering. Akan tetapi jika kita membuat password “gado-gado” itu dijamin akan sulit untuk ditebak. Misalnya, gabungan huruf besar dan kecil, simbol, serta karakter yang panjang menjadi password yang aman dan kuat.

Kedua untuk passowrd buatlah karakter panjang, misalnya 20 karakter (untuk program recovery password versi trial akan susah untuk melacaknya).

Ketiga gunakan simbol-simbol tertentu di luar angka dan huruf misalnya penggabungan. Karakter-karakter tersebut biasanya sulit untuk ditebak.

Keempat gunakan software generator password. Maksudnya untuk mengacak password atau mengenkripsi password. Kelemahannya cuma satu, sulit dihafalkan.

Kelima jangan gunakan password yang ada dalam dictionary (kamus).

Keenam gunakan sistem copy-paste untuk meng-input password. Hal ini bisa menghindari hacking dengan keylogging.

Ketujuh perhatikan juga sambungan keyboard pada keyboard, karena bisa saja ada orang yang memasang sambungan (keylogger) pada keyboard Anda. Selamat mencoba. (TM-RED)

sumber: okezone.com

Related posts

Leave a Comment