You are here
9 Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya Kecantikan 

9 Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Topmetro.newsManfaat Jeruk Lemon untuk wajah dan kecantikan kulit memang sudah sangat populer. Menurut hasil dari beberapa penelitian, 100 gram jeruk lemon mampu memberikan 88% kebutuhan vitamin C tubuh setiap harinya. Selain itu, Lemon juga mengandung banyak sekali mineral dan vitamin yang sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan seperti zat besi, potasium, vitamin B6 dan Kalsium.

Banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari jeruk lemon ini menjadikannya paling banyak digunakan sebagai  bahan baku utama produk-produk perawatan kecantikan dan kesehatan. Agar lebih jelas tentang manfaat jeruk lemon untuk wajah, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Jeruk Lemon

Lemon merupakan buah rendah kalori, tetapi kaya akan serat, vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain terletak pada isi buahnya, nutrisi pada lemon juga terdapat pada bagian kulitnya.

Jeruk Lemon juga mengandung senyawa Fitokimia seperti terpenes, polifenol, naringenin, diosmin, hesperidin,  eriositrin, dan d-limonene. Berikut tabel nutrisi lengkap yang terkandung pada Jeruk Lemon :

kandungan nutrisi jeruk lemon

Manfaat Jeruk Lemon Untuk Wajah

Manfaat Jeruk Lemon untuk wajah memang sudah tidak usah diragukan lagi. Lemon dipercaya dapat mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat, melembutkan dan menghaluskan kulit serta menghilangkan flek hitam diwajah. Simak beberapa manfaat Lemon untuk wajah berikut ini :

Baca juga : Manfaat Tomat untuk wajah

1. Menghilangkan bintik-bintik hitam diwajah

Buah jeruk khususnya lemon sangat bermanfaat untuk menyembuhkan bintik-bintik hitam tanda penuaan dan bekas jerawat. Caranya mudah, cukup oleskan air perasan Lemon pada area bintik hitam, dan biarkan selama 20 menit. Kemudian basuh wajah dengan air dingin hingga bersih dan lap hingga kering.

Dengan melakukan metode ini secara rutih setiap hari, perlahan-lahan Anda akan melihat bintik-bintik hitam diwajah berkurang dari waktu ke waktu. Kandungan asam sitrat pada lemon akan bekerja membantu memutihkan bintik hitam diwajah anda.

2. Menghilangkan jerawat

Cara menghilangkan jerawat terbaik dengan bahan alami adalah dengan menggunakan Jeruk Lemon. Peras Lemon dan ambil airnya lalu tambahkan sedikit air untuk mengencerkannya. Oleskan pada area yang berjerawat kemudian diamkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air dingin yang bersih dan lap kering.

Menggunakan air perasan lemon ini secara teratur akan membantu menyembuhkan jerawat anda. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, Anda juga dapat meminum segelas air perasan lemon setiap hari untuk membantu penyembuhan jerawat dari dalam. Caranya, ambil segelas air hangat dan tambahkan 3 sendok makan air perasan Lemon dan aduk hingga rata. Anda juga dapat menambahkan madu ke dalam campuran ini, agar rasanya lebih enak.

3. Memutihkan Wajah

Manfaat Jeruk lemon untuk wajah berikutnya adalah sebagai pemutih kulit wajah. Jeruk lemon mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai komponen pemutihan alami. Sifat pemutih di dalamnya termasuk membantu mencerahkan dan membersihkan kulit Anda.

Cara memutihkan kulit wajah dengan jeruk lemon tergolong sangat mudah. Campurkan 2 sendok makan air perasan Lemon dengan 3 sdm air putih, aduk rata dan oleskan ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit dan cuci dengan air dingin. Ulangi prosedur ini setiap hari untuk mencapai hasil yang lebih maksimal dalam waktu yang singkat. Anda juga dapat menambahkan madu kedalam campuran ini untuk membantu mengurangi segala jenis iritasi kulit.

4. Menghilangkan komedo

Manfaat jeruk lemon untuk menghilangkan komedo tidak usah diragukan lagi. Caranya cukup aplikasi langsung ekstrak air perasan lemon segar pada komedo dan pijat dengan lembut. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas wajah dan lap hingga kering. Kandungan asam sitrat pada jeruk lemon sangat berkhasiat untuk membantu mengurangi minyak diwajah yang menjadi penyebab munculnya komedo.

5. Menghilangkan kerutan

Manfaat jeruk lemon untuk menghilangkan kerutan diwajah juga terbilang ampuh. Kandungan Vitamin C pada jeruk Lemon akan bekerja secara efektif melawan kerutan diwajah anda.

Caranya sederhana, Ambil 1 sendok makan air perasan lemon kemudian tambahkan dengan 7 tetes madu dan 3 tetes minyak Almond. Aduk semua bahan hingga merata kemudian oleskan secara lembut ke seluruh wajah Anda. Biarkan selama 20 menit kemudian basuh dengan air hingga bersih.

6. Melembabkan Kulit Wajah

Banyak orang yang tidak percaya kalau jeruk lemon dapat dijadikan pelembab alami kulit karena sifat dasarnya yang menjadikan kulit kering. Padahal hanya dengan mencampurkannya dengan air kelapa muda, anda akan merasakan khasiatnya yang langsung melembabkan kulit wajah anda.

Ambil satu sendok makan air perasan lemon dan campurkan dengan 10 tetes air kelapa muda. Aduk secara perlahan hingga rata kemudian oleskan ke seluruh wajah. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas wajah anda dengan air dingin.

7. Sebagai Eksfoliasi

Manfaat jeruk lemon untuk wajah lainnya adalah sebagai eksfoliasi alami kulit wajah. Kandungan asam sitrat pada jeruk lemon sangat bermanfaat untuk membantu proses pengelupasan sel kulit mati.

Belah jeruk lemon menjadi dua dan taburkan sedikit gula pasir dibagian bekas potongannya. Gosok ke wajah dengan gerakan melingkar secara lembut agar sel-sel kulit mati diwajah dapat terkelupas secara sempurna. Diamkan selama 15 menit agar kandungan asam sitrat dan vitamin C pada lemon dapat diserap oleh kulit wajah. Kemudian basuh wajah dengan air hingga bersih.

8. Mengontrol Minyak diwajah

Manfaat lemon untuk wajah yang paling banyak digunakan adalah untuk mengatasi masalah kulit wajah berminyak. Caranya sangat mudah, ambil 1 sendok makan air perasan lemon dan campurkan dengan 5 tetes madu hangat. Aduk hingga rata dan oleskan ke seluruh wajah. Biarkan selama 15 menit, kemudian basuh wajah dengan air hingga bersih.

Anda dapat mengulangi cara ini setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan hasil maksimal dalam waktu yang relatif singkat.

9. Mengecilkan Pori-pori

Manfaat jeruk lemon untuk mengecilkan pori-pori bukan rahasia umum lagi. Caranya juga sangat sederhana, hanya dengan mencampurkan 1 Sdm air perasan lemon dengan 5 tetes air dan oleskan secara merata ke seluruh wajah. Biarkan selama 20 menit, kemudian basuh wajah dengan air hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam waktu singkat, anda dapat melakukan cara ini secara rutin setiap malam sebelum tidur. Segera hentikan pemakaian jika terjadi tanda-tanda iritasi pada kulit.

Itulah 9 manfaat jeruk lemon untuk wajah dan panduan cara pembuatannya untuk dapat anda lakukan sendiri dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. (TM-ART)

835 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment