Petani di Samosir Panen Ubi Raksasa

ubi-raksasaa

Topmetro.news – Bisa jadi ini kabar baik untuk kaum petani ubi. Pasalnya petani di Desa Maduma, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian Kabupaten Samosir sukses menghasilkan hingga memanen ubi kayu atau ketela pohon raksasa. Panen ubi kayu dengan postur luar biasa ini berkat kerjasama petani ubi dengan petugas PPL yang melakukan demplot di desa itu.

Kadis Partanian Samosir, Erkanus Simbolon, Sabtu (19/5/2018) di Pangururan mengatakan, ubi raksasa itu dihasilkan melalui demplot (demonstration plot).

Jadi Tanaman Percontohan

“Ditanam di lokasi kantor UPTD (Unit Pelaksana Tekhnis Dinas) Pertanian, bersama petani setempat, sebagai percontohan,” jelas Erkanus. Dia menyebutkan, demplot merupakan suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani.

“Metode dengan cara membuat lahan percontohan ini, akan memotivasi petani untuk melihat dan selanjutnya membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan,” ujar Erkanus.

Alumnus IPB itu menambahkan, demplot bisa berupa inovasi teknologi budidaya, VUB (Varietas Unggul Baru), pemupukan dan metode lainnya. “Disesuaikan dengan demografi wilayah dan objek,” imbuhnya.

Selanjutnya, melalui keberhasilan itu diharapkan para petani Samosir akan berupaya membudidayakan ubi dengan pola penanaman yang telah dihasilkan para petani dan PPL di Desa Maduma. “Dengan memanfaatkan lahan yang minim di seputaran kantor UPTD, ternyata berhasil dengan optimal.” (tmn)

sumber: sbnpro

Related posts

Leave a Comment