Petaka Maroko Beri 3 Poin untuk Iran

iran vs maroko

topmetro.news – Iran mengukir kemenangan sangat dramatis dengan skor 1-0 dalam laga perdananya di Piala Dunia 2018. Kemenangan Iran datang lewat gol bunuh diri pemain Maroko yang terjadi di menit terakhir waktu tambahan, Jumat (15/6/2018) waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Ini merupakan kemenangan pertama Iran di putaran final Piala Dunia dalam 20 tahun terakhir.

Wasit memberikan injury time empat menit ketika pertandingan pertama Group B tersebut masih imbang tanpa gol di penghujung babak kedua.

Petaka bagi Maroko terjadi setelah pemain pengganti Aziz Bouhaddouz mencetak gol ke gawangnya sendiri. Saat itu dia mencoba menghalau tendangan bebas dengan kepalanya. Namun bola justru bergulir ke sebelah kanan kiper Munir Mohamedi yang sama sekali tidak menyangka.

Gol bermula saat Iran mendapat tendangan bebas setelah bek Maroko Sofyan Amrabat secara sembrono menjatuhkan lawan. Ehasan Haji Safi menendang bola ke depan gawang dan Bouhaddouz melompat menyundul bola ketika sebenarnya tak satu pun pemain Iran berada di dekatnya.

Arah bola justru tajam menusuk ke gawangnya sendiri dan disambut lesu rekan-rekannya.

Maroko Lebih Dominan

Sepanjang sejarah keikutsertaannya di putaran final Piala Dunia, Iran baru bisa menang dua kali, termasuk saat mengalahkan Amerika Serikat 2-1 dalam Piala Dunia 1998 di Prancis.

Uniknya, gol kemenangan atas Maroko terjadi tanpa sekalipun ada tembakan ke gawang (shot on goal) oleh Iran di sepanjang babak kedua.

Maroko bermain lebih dominan sepanjang pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 68%. Namun, kiper Alireza Beiranvand bermain cemerlang di bawah mistar gawang Iran dan beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang.

Kemenangan ini sangat penting bagi Iran mengingat di group yang sama pada Piala Dunia 2018 ini, juga ada juara dunia 2010 Spanyol dan juara Eropa 2016 Portugal.

Dalam sejarah putaran final Piala Dunia, baru dua kali terjadi gol bunuh diri pada injury time babak kedua. Yang pertama dicetak oleh pemain Nigeria Joseph Yobo saat melawan Prancis di Brasil 2014.

Kemenangan Iran merupakan kemenangan pertama wakil Asia atas tim asal Afrika, setelah Jepang mengalahkan Kamerun 1-0 pada Juni 2010. (TM-RED)

sumber: beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment