You are here
Menteri Susi Ternyata Sudah Lulus SMA Tokoh 

Menteri Susi Ternyata Sudah Lulus SMA

topmetro.news – Diam-diam, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ternyata sudah lulus SMA. Pemilik Susi Air ini telah menerima ijazah pendidikan ‘setara’ Sekolah Menengah Atas (SMA), pada Jumat (13/7/2018).

Sebelum mendapatkan ijazah itu, Susi Pudjiastuti mengikuti ujian Kelompok Belajar Paket C. Ujian itu digelar di salah satu sekolah negeri di Pangandaran, Jawa Barat, kota tempat Menteri Susi tinggal.

Sebenarnya, Susi sudah mendaftar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Pandu Mandiri pada 2015. Namun karena kesibukan menjalan tugas sebagai menteri, Susi baru bisa mengikuti ujian pada Mei.

Susi Pudjiastuti baru bisa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA 1 Pangandaran, pada 11-13 Mei 2018 lalu. Kemudian dinyatakan lulus pada tanggal 7 Juni 2018.

Hasilnya, dia tidak hanya lulus. Namun juga menjadi peserta dengan nilai terbaik dari 569 peserta ujian Kejar Paket C se-Ciamis. Nilai tinggi antara lain diperoleh dalam ujian mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (nilai 82,0) dan Bahasa Inggris (76,0).

Disarankan Anies Baswedan

Fika Fawzia, asisten pribadi Susi Pudjiastuti menceritakan, proses pendidikan itu bermula pada 16 Juni 2015. Saat itu berlangsung sidang kabinet. Usai sidang, Anies Baswedan yang masih menjabat menteri pendidikan dan kebudayaan menghampiri Susi.

Selanjutnya Anies menawarkan agar Susi Pudjiastuti bersedia mengikuti ujian Kejar Paket C untuk tahun berikutnya. Susi sendiri disebutkan sempat enggan menerima tawaran itu.

Namun setelah melalui sedikit upaya pembujukan, Menteri Susi pun bersedia mengikuti saran Anies Baswedan. Fika Fawzia yang ketika itu ikut bersalan bersama Susi Pudjiastuti, bahkan diminta oleh Anies Baswedan agar mau menjadi saksi, bahwa Menteri Susi sudah bersedia.

“Kamu saksi, ya. Ibu udah bilang mau. Jadi tahun depan kita atur,” sebut Fika, menirukan Anies Baswedan. (TM-RAJA)

244 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment