Jalur Gaza Memanas, 4 Tewas Ditembak

jalur gaza

topmetro.news – Beberapa pesawat dan tank milik Israel membombardir perbatasan Jalur Gaza – Israel dengan rangkaian tembakan. Aksi ini mengakibatkan tiga anggota Hamas dan seorang warga sipil Palestina tewas. Demikian informasi diperoleh, Jumat (20/7/2018).

Disebutkan, rangkaian tembakan itu dilepaskan ke arah pasukan saat terjadi protes baru di sepanjang perbatasan Gaza-Israel. Belum ada informasi pasti, apakah dalam peristiwa itu ada tentara Israel tewas atau terluka.

Pihak militer Israel sendiri mengatakan, pesawat dan tank mereka diarahkan untuk ‘membersihkan’ delapan pos militer milik Hamas.

Gejolak paling baru ini pun semakin menambah ketakutan akan konflik lebih luas antara Israel dan penguasa Gaza Hamas. Sebagaimana diketahui, Israel dan Hamas telah menjalani perang tiga kali sejak tahun 2008.

Dikabarkan, setidaknya sudah ada 149 warga Palestina yang tewas, sejak protes pecah pada 30 Maret 2018. Sebagian besar di antaranya ditembak selama demonstrasi dan bentrokan di sepanjang perbatasan. Sementara sebagian lagi tewas dalam serangan udara atau tembakan tank.

Ancaman Serangan Skala Besar

Sementara itu, menurut pihak Israel, sejumlah layang-layang dan balon pembakar telah diterbangkan dari Gaza, selama semingu terakhir. Akibatnya, kata mereka, tidak kurang dari 2.600 hektar wilayah Israel telah terbakar.

Dan masih menurut Israel, tembakan yang mereka lepaskan adalah upaya balasan atas serangan layang-layang dan balon pembakar tersebut. Tembakan mereka arahkan ke kelompok yang meluncurkan balon pembakar itu.

Bahkan Menhan Israel Avigdor Lieberman mengancam, mereka akan melancarkan serangan lebih besar di Jalur Gaza, apabila Hamas tak menghentikan pelepasan layang-layang dan balon pembakar itu.

PM Benjamin Netanyahu juga sudah meninjau wilayah perbatasan untuk pertama kalinya sejak awal bentrokan. Tidak ketinggalan petinggi Israel seperti Menteri Pendidikan Naftali Bennett dan Menteri Keamanan Internal Gilad Erdan menyerukan serangan sistematis atas peluncuran layang-layang dan balon pembakar. (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment