Jateng dan Papua Dukung Duet Jokowi-Moeldoko

jokowi moeldoko

topmetro.news – Dukungan kepada Duet Jokowi Moeldoko muncul dari Jawa Tengah dan Papua. Dari Jateng dukungan ditegaskan Koordinator Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) Jateng Nanang Setyono. Sedangkan dari Papua oleh masyarakat adat setempat.

“Kami gembira karena dukungan kepada Pak Moeldoko dari berbagai elemen terus mengalir. Mereka ini sepakat mendukung Pak Moeldoko sebagai pendamping Pak Jokowi di Pilpres 2019 nanti. Tentu saja hal ini semakin membuat suara di Jawa Tengah bulat,” tegas Nanang Setyono, Senin (23/7/2018).

Disebutkannya, ibarat ‘bola salju’, dukungan untuk Duet Jokowi Moeldoko terus membesar. Informasinya, sudah ada 17 elemen masyarakat Jawa Tengah pendukung Duet Jokowi Moeldoko. Elemen masyarakat tersebut berasal dari berbagai latar belakang dan daerah di Jawa Tengah.

Terakhir ada lima elemen baru bergabung, yaitu Paguyuban Petani Tembakau Sindoro-Sumbing, Persatuan Jaran Kepang Jateng, Serikat Pekerja Reformasi, Majelis Maulid Pondok Kiai Pikad, dan LBH Indonesia Menggugat. Dan diyakini dukungan akan terus bertambah.

Masyarakat Adat Papua

Sebelumnya, dukungan serupa sudah disampaikan Masyarakat Adat Papua. Mereka berharap, Moeldoko akan dimajukan sebagai Cawapres Jokowi di Pilpres 2019.

“Kami yakin, kedua putra terbaik bangsa ini bisa membawa Indonesia lebih sejahtera. Selain itu, Indonesia juga bisa lebih aman dari berbagai gangguan keamanan. Entah itu gangguan terorisme maupun sikap intoleransi,” kata tokoh adat setempat, Tabi Jesaya Udam, Sabtu (22/7/2018).

Deklarasi itu sendiri sudah digelar di Grand Allison Hotel Sentani, Kabupaten Jayapura, didukung tujuh tokoh Adat Papua, yang mewakili berbagai wilayah adat di Tanah Papua.

Ketujuh tokoh adat itu adalah Jesaya Udam (Tabi), Matius Sawa, Yohanes Simson Kabiay (Nabire), Yason Arwam (Saireri), Yuliana Ansaka (tokoh adat perempuan Papua), Timin Wenda, dan Martins Kasuai. Mereka membacakan deklarasi, yang isinya secara garis besar mendukung dan mendeklarasikan Jokowi sebagai Capres 2019-2024 dan Moeldoko sebagai cawapresnya.

Duet ini dinilai mampu menjaga stabilitas keamanan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat umum.

Apresiasi Pemerataan Pembangunan

Mereka mengapresiasi pesatnya pembangunan infrastruktur di Papua, dan menyebut Jokowi sebagai presiden luar biasa. “Pak Jokowi sudah membuktikan kinerjanya dengan hasil nyata. Dia juga sangat merakyat. Mampu menaikkan ekonomi kerakyatan di Papua,” kata mereka.

“Jokowi banyak membangun infrastruktur di Papua. Menguatkan akses, Pelabuhan Laut Dalam di Papua dibangun di Sorong, Manokwari, Jayapura, dan Merauke. Infrastruktur jalan juga menghubungkan kota-kota di Papua. Trans Papua juga dihadirkan dengan panjang sekitar 4.320 kilometer. Tol ini menghubungkan Sorong, Manokwari, Wamena, Jayapura, hingga Merauke,” urai mereka.

Dan ditambahkan para tokoh dat itu, Jokowi semakin lengkap kalau didampingi Moeldoko. “Sebab, Pak Moeldoko ini juga merakyat,” terang Yohanes Simson. (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment