Kader Demokrat Doakan TGB jadi Cawapres Jokowi

tuan guru bajang

topmetro.news – Gubernur Nusa Tenggara Barat Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) didoakan bisa terpilih menjadi Cawapres Jokowi. Setidaknya itu yang bisa tertangkap dari pernyataan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nasidik.

Bahkan menurut Rachland, Tuan Guru Bajang adalah figur ideal untuk tampil ke kancah perpolitikan nasional. “Partai Demokrat meyakini figur sebaik beliau pantas mendapat kesempatan berkarir pada tingkat nasional,” sebutnya.

Nasidik sendiri menyampaikan hal itu, menanggapi pengunduran diri Tuan Guru Bajang dari Partai Demokrat. “Kami mendoakan status Beliau sekarang yakni sebagai ulama non-partai, akan memberi Beliau jalan ke arah karir politik yang lebih baik untuk dipilih sebagai salah satu Cawapres (Calon Wakil Presiden) Pak Jokowi,” ujar Rachland.

Sebagaimana diketahui, TGB memang sudah mengundurkan diri dari Partai Demokrat. Hingga saat pengunduran dirinya, TGB masih tercatat sebagai anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, yang diketuai oleh SBY.

Alasan Pribadi

Sekaitan dengan pengunduran diri dimaksud, Rachland pun menyampaikan, bahwa Partai Demokrat berterima kasih kepada TGB yang juga mantan Ketua DPD Partai Demokrat Nusa Tenggara Barat tersebut.

“Partai menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas peran Beliau selama ini di partai. Khususnya sebagai Ketua DPD PD NTB,” kata Rachland Nasidik.

Hubungan Tuan Guru Bajang dengan Partai Demokrat memang ‘terganggu’ sejak Sang Ulama itu menyatakan dukungannya kepada Jokowi untuk periode kedua sebagai Presiden RI. TGB sendiri beberapa kali mengaku bahwa itu adalah sikap pribadi.

Dia sendiri sudah beberapa kali berusaha untuk berkomunikasi dengan SBY terkait sikapnya itu. Namun hingga surat pengunduran itu akhirnya dibuat, pertemuan dimaksud tidak pernah terwujud.

Mengkonfirmasi soal pengunduran diri itu, TGB menyampaikan, bahwa suratnya sudah disampaikan kepada Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin. Hanya saja, TGB sepertinya enggan menyebut alasan pengunduran diri itu, apakah terkait dengan sikap mendukung Jokowi, atau ada hal lain. Dia hanya menyebut, alasannya adalah soal pribadi.

Gerindra dan Demokrat

Sementara upaya Gerindra merangkul Demokrat terus berlanjut. Waketum DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menyampaikan, mereka masih berharap agar Partai Demokrat bergabung di Pilpres 2019.

Kata dia, pintu untuk Partai Demokrat sangat terbuka, bahkan, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pun masuk dalam bursa cawapres mereka. “Ada beberapa nama cawapres yang diperbincangkan secara serius dan cermat seperti Anies Baswedan, Salin Assegaf, Zulkifli Hasan, dan Agus Harimurti Yudhoyono,” katanya.

Dan dikatakannya, semua nama yang disebut, memiliki kesempatan dan peluang serupa untuk diajukan sebagai Cawapres Prabowo. (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment