Bupati Taput Hadiri Diskusi Panel Kopi Darat Bangso Batak

destinasi wisata danau toba

topmetro.news – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi didampingi Kadis Pariwisata Binhot Aritonang, Camat Muara dan kepala desa se-Kecamatan Muara menghadiri Diskusi Panel Kopi Darat Bangso Batak Forum, di Ruang Pertemuan Hotel Sentosa Muara Kabupaten Tapanuli Utara, Selasa (7/8/2018). Salah satu yang dibahas adalah, masalah destinasi wisata Danau Toba.

“Kami mengucapkan terimakasih atas diskusi ini. Sehingga masyarakat lebih memiliki profesionalisme dalam menyambut Danau Toba sebagai destinasi pariwisata kelas dunia. Ini berkat Tuhan yang luar biasa untuk Tapanuli Utara. Kita tidak pernah menduga Bandara Silangit memiliki kemajuan sepesat ini,” ujar bupati.

Destinasi Wisata Butuh Koordinasi

Selanjutnya bupati menyampaikan bahwa untuk destinasi pariwisata ini dibutuhkan koordinasi dan kerjasama antar bupati se-kawasan Danau Toba. Sehingga ada ciri khas dan keunikan masing masing daerah yang dijual. Sehingga wisatawan merasa nyaman dan punya beberapa pilihan untuk dinikmati.

“Taput harus berbenah. Ini merupakan momen dan kesempatan yang baik untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan kita dalam menjual keindahan alam dan wisata kita kepada wisatawan yang hadir di daerah kita,” ujar bupati.

Menyahuti sambutan Bupati Taput, Edison Manurung (Staf Khusus Ketua DPD RI) sekaligus Ketua Dewan Pembina Horas Bangso Batak menyampaikan rasa bangga atas penyampaian Bupati Taput.

“Nikson tidak egois. Dia berharap semua daerah se-kawasan Danau Toba maju. Semua hasil diskusi ini akan saya sampaikan nanti ke komisi dan apabila memungkinkan akan kita gelar rapat para bupati se-kawasan Danau Toba. Sehingga sama-sama bergerak untuk maju dalam memajukan destinasi pariwisata Danau Toba kelas dunia,” sebut Edison.

“Saya sangat sepakat dengan yang disampaikan Nikson Nababan. Bahwa inftrastrultur terutama jalan nasional sangat menentukan maju tidaknya pariwisata kita. Saya akan perjuangkan ini dengan Bapak Parlindungan Purba,” lanjut Edison.

Bupati menimpali, bahwa mereka juga sudah membenahi infrastruktur. Karena ini salah satu indikator yang dilihat wisatawan untuk mengunjungi suatu daerah, termasuk destinasi wisata Danau Toba. “Kami juga sangat berharap perhatian pemerintah pusat untuk pelebaran jalan nasional di Kabupaten Tapanuli Utara. Sehingga semakin memudahkan wisatawan berkunjung ke Danau Toba sebagai destinasi pariwisata kelas dunia,” katanya.

BACA JUGA:

Bupati Taput Bertemu Pedagang dan Masyarakat

Dukung Destinasi Wisata Danau Toba

Sementara Ketua Horas Bangso Batak Lamsiang Sitompul sepakat dan sangat mendukung apa yang disampaikan Bupati Nikson tentang memajukan destinasi wisata Danau Toba. “Ini tugas kita bersama dan Forum Horas Bangso Batak turut mewujudkan ini,” katanya.

Ada pun tema diskusi adalah ‘Pengembangan Enterpreneurship dan Masyarakat yang Proaktif untuk Mendukung Kawasan Danau Toba Sebagai Destinasi Pariwisata Kelas Dunia’.

Turut hadir Parlindungan Purba (anggota DPD RI), Sahala Hasoloan Sijabat (Direktur Produksi PT Inalum), Dato Seri Abdul Rahman Maidin (ex Ketua Kadin Malaysia/ASEAN), Edison Manurung (Staf Khusus Ketua DPD RI), dan Sihar Harianja (ahli komunikasi digital). (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment