You are here
Anak Sekarang Makin Aneh, Game Bunuh Diri Jadi Kegemaran Tekno 

Anak Sekarang Makin Aneh, Game Bunuh Diri Jadi Kegemaran

topmetro.news – Agak susah untuk membuat golongan, apakah anak sekarang termasuk kreatif, atau malah sebenarnya punya pikiran di bawah rata-rata. Bagaimana tidak, anak-anak sekarang semakin sering melakukan tindakan atau hal-hal tak wajar, hanya untuk disebut eksis. Salah satunya adalah ‘Momo Challenge’, sebuah permainan yang ujungnya mengajak bunuh diri.

Game yang katanya merupakan permainan tantangan ini, sekarang lagi trend di sejumlah negara. Dan permainan tantangan yang dilakukan oleh anak-anak milenial ini memang tergolong mengerikan. Disebut mengerikan, karena dengan permainan ini, logika anak sepertinya dihilangkan sehingga mau mengikuti apa saja yang disuruh Momo. Padahal Momo itu adalah mahluk rekaan yang entah dari mana asalnya.

Makin mengerikan, karena permainan tak wajar atau malah menjurus ke tak waras itu, kini sedang mewabah. Sehingga para orangtua harus benar-benar ketat dan waspada dalam menangani dan mengawasi anak masing-masing. Terutama mengawasi si anak saat bermain di sosial media.

BACA JUGA:

Mungkinkah Kecanduan ‘Game’ Bentuk Kekosongan Jiwa?

WHO Resmi Tetapkan Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental

‘Momo Challenge’ Ajak Bunuh Diri

‘Momo Challenge’ kini tengah ramai menjadi perbincangan di media sosial. Permainan ini disebut-sebut bernuansa tantangan. Namun bahayanya, tantangan yang diberikan kepada anak-anak yang doyan game ini, lama-lama makin tidak wajar, ujung-ujungnya disuruh bunuh diri.

Ironisnya, pengguna game ini kebanyakan adalah anak yang masih labil dan sedang mencari jati diri. Sehingga dengan kondisi sangat mudah tergoda tersebut, anak-anak tadi menjadi mudah diarahkan sesuai maksud si pembuat game. Akibatnya, permainan ini diduga telah menyebabkan sejumlah orang tewas bunuh diri.

Dilansir dari thesun.co.uk, berdasarkan penelusuran Computer Crime Investigation Unit di The Mexican State of Tabasco, ‘Momo Challenge’ ini bermula dari Facebook. Para anggota permainan ini ditantang berkomunikasi dengan sebuah nomor tak dikenal. Katanya, sosok dalam nomor tak dikenal itu adalah Momo.

Lalu, mereka yang berniat ikut tantangan dalam permainan itu, harus mulai berkomunikasi dengan Momo. Komuniksi itu dilakukan melalu WhatsApp. Nomor mahluk bernama Momo tadi diberikan lewat grup permainan ini di Facebook.

Selanjutnya, para penantang yang ikut permainan akan diberi beberapa tantangan. Selama beberapa hari, mereka diberi serangkaian tantangan. Mereka harus menjalankan tantangan-tantangan itu dan di hari terakhir diharuskan bunuh diri.

Ancaman Penyebaran Informasi Pribadi

Yang tidak menuruti perintah, katanya akan dipermalukan. Informasi pribadi soal mereka yang tak mau menjalankan tantangan tadi, katanya, akan disebarkan. Tidak itu saja, foto-foto korban pun akan disebarluaskan di publik. Kurang jelas bentuk informasi pribadi dan foto bagaimana yang akan disebar, sehingga korban game ini sampai memilih ikut perintah bunuh diri dimaksud.

Berdasarkan informasi, nomor yang digunakan Momo berasal dari Jepang, Kolombia, dan Meksiko. Sosok ‘Momo’ digambarkan sebagai seorang wanita menyeramkan dengan mata melotot.

Mengantisipasi game tidak wajar ini, KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) mengimbau agar para orangtua mengawasi putra-putrinya agar tidak mengikuti tantangan viral ini. Selain berbahaya, game tantangan ini sama sekali tidak mendidik. (TMN)

500 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment