You are here
Nilai Tukar Rupiah Anjlok Rp15.150 Ekonomi & Bisnis 

Nilai Tukar Rupiah Anjlok Rp15.150

Topmetro.News – Nilai tukar Rupiah anjlok terhadap Dolar AS terus anjlok, Kamis (4/10/2018). Kini nilai tukar Rupiah bertengger di Rp 15.150 dan mendekati level Rp 15.200 per Dolar AS.

Kurs Rupiah pada perdagangan spot exchange melemah 75 poin atau 0,50% ke level Rp15.150 per Dolar AS. Kini Rupiah bergerak di kisaran Rp15.150-Rp15.120 per Dolar AS.

Yahoofinance juga mencatat Rupiah melemah 75 poin atau 0,50% menjadi Rp15.145 per USD. Dalam pantauan Yahoofinance, Rupiah berada dalam rentang Rp15.070 per Dolar AS hingga Rp15.145 per Dolar AS.

Nilai Tukar Rupiah Anjlok, Tak Cuma Indonesia

Menurut Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia pelemahan mata uang tak hanya di alami Indonesia. Pelemahan mata uang itu juga dialami seluruh negara di dunia.

Dia menilai, perbaikan ekonomi Amerika Serikat hingga kenaikan suku bunga acuan Negeri Paman Sam itu membuat Dolar AS perkasa memukul mata uang negara lainnya. Oleh sebab itu, hal ini merupakan fenomena global.

Menurut Perry, hal yang perlu diperhatikan yakni tingkat depresiasi dan volatilitas kurs Rupiah, bukan soal besaran nominalnya.

Kata dia, kondisi nilai Rupiah lebih rendah dibanding negara-negara berkembang lainnya.

“Kita harus perhatikan dulu persentase depresiasinya, supaya kita tidak melihat Rp15.000 (per Dolar AS) itu seperti sudah kiamat!”

Sebelumnya Josua Pardede, VP Economist PT Bank Permata Tbk mengatakan melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS selain dipicu penguatan Dolar AS terhadap seluruh mata uang dunia pada perdagangan waktu AS tempo hari.

Ini juga diikuti kenaikan imbal hasil atau yield obligasi pemerintah AS dan harga minyak dunia.

Di sisi lain, isu perang dagang antara AS dan China kembali memanas setelah AS mencapai kesepakatan perdagangan baru dengan Kanada dan Meksiko yang mengisyaratkan pembatasan barang-barang dari China.(*)

206 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment