You are here
Piala Asia U-19, Timnas Indonesia Taklukkan China Taipei 3-1 Olahraga 

Piala Asia U-19, Timnas Indonesia Taklukkan China Taipei 3-1

topmetro.news – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, tampil apik dengan memetik kemenangan pertama pada laga perdananya di ajang Piala Asia U-19 2018, ketika menghadapi China Taipei (Taiwan-red) dengan skor 3-0 berlangsung, pada Kamis (18/10/2018) malam WIB. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaiman menjadi aktor dari kemenangan 3-1 Timnas Indonesia U-19 atas Taiwan tersebut.

Sejak peluit pertanda pertandingan dimulai, Timnas Indonesia U-19 langsung mencoba mengambil alih jalannya pertandingan. Indonesia yang menggunakan jersey merah-merah itu pun mampu beberapa kali memberikan sedikit ancaman terhadap gawang Taiwan di 10 menit awal babak pertama.

Bahkan, Asnawi sempat membuat penjaga gawang Taiwan, Li Guan-Pei, harus melakukan lompatan cepat untuk mengantipasi tendanga jarak jauh pemain berposisi sebagai bek kiri Timnas Indonesia U-19 tersebut. Namun, sayangya peluang tersebut masih belum bisa konversikan menjadi gol karena tendangan Asnawi masih terlalu melebar di sisi kiri gawang Taiwan.

Banyak Peluang

Selain peluang Asnawi tersebut, Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19 sebenarnya juga memiliki banyak peluang lain. Akan tetapi, peluang tersebut masih gagal dimanfaatkan dengan baik atau juga ada yang terkena offside, seperti yang dialami Egy dan Witan.

Tercatat, hingga babak pertama memasuki menit ke-30, Timnas Indonesia U-19 sudah berhasil melesatkan tujuh tendangan, dan hanya dua saja yang tepat ke muka gawang Taiwan. Sementara itu, Taiwan sendiri hanya mampu melakukan dua tendangan dan itu pu selalu gagal mengarah ke gawang.

Tim besutan Indra Sjafri itu memang bisa dibilang menguasai jalannya pertandingan. Bahkan, Garuda Nusantara sempat memiliki peluang emas dari gocekan Egy ketika berada tepat di area pertahanan Taiwan. Akan tetapi, Egy telat menendang bola sehingga langsung diantisipasi oleh bek lawan.

Hingga babak pertama ingin berakhir, Timnas Indonesia U-19 masih terus menggempur lini pertahanan Taiwan. Namun tak lama wasit pun meniupkan peluitnya yang menandakan babak pertama telah berakhir.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-19 pun kembali menekan lini pertahanan Taiwan. Alhasil, peluang tercipta pada menit ke-50 di mana Witan yang berada di sisi kanan pertahanan Taiwan berdiri bebas sehingga langsung melepaskan umpan ke tengah kotak penalti.

Bola yang melesat ke kotak penalti itu sebenarnya mengarah ke Chin Wen-Yen, namun bek Taiwan tersebut melakukan blunder sehingga si kulit bundar tetap melaju dan tepat berhenti di kaki Egy. Tak perlu pikir panjang, pemain Lechia Gdansk tersebut langsung menendang bola dan GOOOL!. Indonesia 1, Taiwan 0.

Taiwan yang melakukan kick-off ternyata langsung memberikan serangan cepat yang mengejutkan tim tuan rumah. Tak disangka, serangan cepat tersebut membuat Timnas Indonesia yang belum siap itu harus kebobolan di menit 53. Keadaan pun kembali imbang.

Tim asuhan Indra Sjafri tersebut tak ingin momentum kebangkitannya terbuang sia-sia begitu saja. Dipimpin oleh Egy, Timnas Indonesia U-19 terus menekan Taiwan. Alhasil, gol yang ditunggu pun tercipta pada menit 70. Adalah Witan Sulaiman yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Indonesia pun untuk sementara unggul 2-1 atas Taiwan.

Tak puas unggul satu angka, membuat Egy dan kawan-kawan kembali menekan Taiwan. Tak ayal, Timnas Indonesia U-19 kembali mencetak gol ketiganya di pertandingan tersebut. Witan kembali menjadi aktor dibalik gol Indonesia yang terjadi di menit ke-89 itu.

Sejak gol Witan tersebut, tak ada lagi gol yang tercipta dan pertandingan pun berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Taiwan. Tim tuan rumah berhak membawa pulang tiga poin dari laga tersebut.(TM-YOFE)

61 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment