You are here
Gubsu Ajak KONI dan Pengprov Cabang Olahraga Kembalikan Marwah Sumut Olahraga 

Gubsu Ajak KONI dan Pengprov Cabang Olahraga Kembalikan Marwah Sumut

TopmetroNews – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, mengajak seluruh Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara, pengurus KONI kabupaten/kota dan pengurus cabang olahraga, untuk mengembalikan marwah daerah ini khususnya di bidang olahraga. Di era 1980-an diketahui, atlet Sumatera Utara banyak meraih prestasi membanggakan terutama nasional dan internasional.

Gubsu menuturkan, banyak prestasi-prestasi di bidang olahraga yang ditorehkan atlet-atlet yang berasal dari Sumut. Seperti cabang olahraga renang, banyak medali yang diperoleh cabang olahraga renang, panahan, senam, sepakbola dan lain sebagainya. “ Dulu, marga Nasution banyak membawa medali ke Sumatera Utara ini,” ujar Gubsu Edy Rahmayadi, ketika menghadiri Rapat Anggota KONI Sumut Tahun 2019, pada Sabtu (26/01/2019) di Hotel Le Polonia Medan.

Lanjut Gubsu, KONI Sumut sebagai organisasi yang memimpin, dan membina cabang olahraga harus bisa mengembalikan kejayaan Sumut, yang selama ini mulai hilang. Salah satu kejayaan Sumut adalah olahraga. ” Mari bersama-bersama mengembalikan kejayaan dan marwah Sumatera Utara, melalui meningkatkan kembali prestasi molahraga di daerah kita ini,” harap Gubsu.

Kepada pengurus KONI Sumut, Gubsu menitipkan pesan, pengurus KONI kabupaten/kota dan pengurus cabang olahraga, harus benar-benar membina para atlet. Dengan demikian, atlet Sumatera Utara, dapat terus bersaing di kancah nasional maupun internasional. Pengurus KONI harus memiliki motivasi dan loyalitas, terhadap organisasi yang di bidanginya. “ KONI Sumut harus pasti. Atletnya pasti berprestasi. Yakinkan, pasti bisa,” sebut mantan Pangkostrad itu.

Menuju PON 2020 dan 2024

Sebelumnya, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, bahwa peserta Rapat Anggota KONI Sumut tahun 2019, yang hadir saat ini berasal dari 31 KONI kabupaten/kota se-Sumut, 47 Pengprov cabang olahraga dan 4 badan fungsional olahraga. “ Dua kabupaten yang belum terakomodir KONI di daerahnya, yaitu Nias Induk dan Nias Selatan. Total yang hadir ada 82 anggota KONI Sumut,” jelas John.

Ditambahkannya, sebelumnya telah diadakan rapat yang membahas program kerja, persiapan menuju PON 2020 di Papua dan persiapan atlet menuju PON 2024. “ Yang nantinya, akan diresmikan pada 1 Maret 2019 yang akan datang,” sebut John.

John jugamenuturkan, dengan adanya pimpinan Sumut yang telah dilantik 5 September 2018 adalah tokoh-tokoh pembina olahraga. Dengan demikian, olahraga di Sumut akan kembali bangkit. “Semangat pimpinan Sumut ini, akan mampu mengangkat harkat dan martabat masyarakat Sumut, pada PON yang akan datang,” ungkapnya. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kadispora Provsu, H Baharuddin Siagian. (TM-YOFE)

Loading...
425 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment