You are here
Pemimpin Dunia Harapkan Hubungan Erat dengan Tiongkok Internasional 

Pemimpin Dunia Harapkan Hubungan Erat dengan Tiongkok

topmetro.news – Banyak pemimpin dunia yang menyampaikan harapan terbaik kepada Tiongkok dan Orang Tionghoa di seluruh dunia atas perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh Hari Selasa (5/2/2019). Selain ucapan selamat, para pemimpin dunia juga menekankan pentingnya hubungan mereka dengan Tiongkok.

Di Tokyo, Senin (4/2/2019), Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe mengucapkan ‘Selamat Festival Musim Semi’ lewat sebuah video dalam acara menghias landmark Menara Tokyo dengan cahaya merah sebagai bagian dari Tahun Baru Imlek.

Abe mengatakan tahun 2018 adalah tahun penting dalam sejarah hubungan Jepang-Tiongkok. Hubungan bilateral telah kembali ke jalur normal sejak dirinya dan PM Li Keqiang saling mengunjungi negara satu sama lain. Abe berharap hubungan Jepang-Tiongkok semakin mengalami kemajuan di tahun-tahun mendatang.

“Selama libur Festival Musim Semi, Jepang siap menyambut lebih banyak teman-teman Tionghoa. Dan saya juga berharap lebih banyak warga Jepang yang akan berkunjung ke Tiongkok membangun jembatan saling pertukaran yang penuh warna,” kata Abe.

BACA JUGA: Maduro Klaim Dapat Dukungan Penuh Militer

Selandia Baru dan Inggris

Sementara itu, PM Selandia Baru Jacinda Ardern juga menyampaikan ‘Selamat Tahun Baru’ dalam Bahasa Mandarim dan Kanton setelah menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Tionghoa setempat untuk kontribusi mereka bagi negara.

Mengingat tahun 2019 sebagai tahun pariwisata untuk Tiongkok-Selandia Baru, Ardern mengatakan pendidikan dan perdagangan akan memperkuat hubungan bilateral dan pemahaman antara kedua bangsa sehingga persahabatan semakin meningkat.

Pada Kamis (7/2/2019), PM Inggris Theresa May akan menjadi tuan rumah resepsi Tahun Baru Tionghoa di Kantor PM Downing Street Nomor 10. Kantor itu telah dihias secara khusus dengan bunga sakura dan untaian ucapan selamat.

“Saya ingin mengucapkan kepada setiap orang yang merayakan Tahun Baru Imlek, Tahun Babi yang makmur dan penuh keberuntungan,” kata May.

Inggris menegaskan pentingnya hubungan negara itu dengan Tiongkok. Termasuk pentingnya kesepakatan yang dicapai tahun lalu oleh kedua belah pihak untuk mempromosikan ‘Era Emas’ dalam hubungan bilateral. May mengatakan Inggris ingin bekerja sama dengan Tiongkok untuk mendorong kerja sama bilateral di semua sektor.

sumber: beritasatu.com

247 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment