Ini Dia Ponsel dengan Radiasi Terbesar

pancaran radiasi

topmetro.news – Sebuah laporan yang dirilis oleh Federasi Perlindungan Radiasi Jerman (Bundesamt für Strahlenschutz) mengungkap daftar smartphone yang memiliki pancaran radiasi terbesar hingga yang terkecil. Apa saja perangkat yang dimaksud?

Daftar terkait jumlah radiasi dari model smartphone ini merupakan yang lebih baru dari yang sebelumnya telah diungkapkan.

Seperti yang dikutip dari Phone Arena, Minggu (10/2/2019), gadget dengan pancaran radiasi tertinggi dipegang Xiaomi Mi A1. Gadget ini melepaskan 1,75 watt per kilogram. Kemudian di belakangnya ada OnePlus 5T dengan mengeluarkan 1,68 watt per kilogram

Pada daftar ini, tercatat produk Xiaomi lainnya yang termasuk ke dalam kategori terbesar dalam memancarkan radiasinya. Yaitu Mi Max 3 sebesar 1,58 watt per kilogram. Lalu Mi Mix 3 sebesar 1,45 watt per kilogram dan Redmi Note sebesar 1,29 watt per kilogram.

Selain itu, model lainnya, di antaranya HTC U12 Life, Pixel 3, Pixel 3 XL, iPhone 7, iPhone 8, Xperia XZ1 Compact, OnePlus 6T, OnePlus 5, OnePlus 6, sampai ZTE AXON 7 Mini masuk ke deretan smartphone dengan pancaran radiasi terbesar.

BACA JUGA: Samsung Tidak Lagi Gunakan Plastik Pada Kemasan

Pancaran Radiasi Kecil

Ada pun model-model Samsung hampir mayoritas berada di kategori ponsel pintar dengan pancaran radiasi terkecil. Misalnya Galaxy Note 8 dengan melepaskan 0,17 watt per kilogram. Lalu Galaxy S8+ dengan melepaskan 0,26 watt per kilogram. Maupun Galaxy S9+ dengan melepaskan 0,29 watt per kilogram.

Sebagai catatan, sampai saat ini belum ada batasan radiasi yang tepat secara global untuk menyebutkan bahwa smartphone tersebut dianggap berbahaya digunakan untuk konsumen.

Kegelisahan itu tak terlepas dari isu-isu kalau gelombang radio yang dipancarkan smartphone berdampak pada kesehatan manusia.

Jerman sendiri memiliki sertifikasi lingkungan yang dinamakan Der Blaue Engel. Sertifikasi ini hanya meloloskan ponsel yang memiliki tingkat radiasi kurang dari 0,6 watt per kilogram.

sumber: detikcom

Related posts

Leave a Comment