Sederhana dan Sedap, Menu Sarapan Favorit 7 Presiden Indonesia

menu sarapan presiden

topmetro.news – Indonesia sudah pernah dipimpin tujuh presiden yang ternyata punya selera sama soal makanan. Ternyata, menu sarapan presiden-presiden ini termasuk sederhana.

Sebagai pemimpin negara, presiden pastilah mendapat fasilitas pelayanan nomor wahid. Tapi para presiden Indonesia ternyata memilih menu makanan sederhana sebagai sarapan favoritnya.

Presiden Soekarno sangat suka makan nasi jagung, sementara Presiden SBY suka makan tempe bacem.

BACA JUGA: BTP Hanya Bisa Pilih Capres-Cawapres

Berikut daftar menu sarapan Presiden Indonesia:

Presiden Soekarno:

Menu sarapan presiden pertama Indonesia ini terbilang sederhana. Dia paling suka makan nasi jagung. Ia kerap menyantap nasi jagung sebagai menu sarapan. Menurutnya nasi jagung bukan hanya enak melainkan melambangkan hasil kerja keras para petani.

Selain nasi jagung, Soekarno juga senang menikmati sate dan rawon. Untuk sayur favoritnya, ia memilih sayur lodeh. Kesukaannya menikmati makanan hasil alam menjadi salah satu kebanggaan Soekarno karena tinggal di negara agraris.

Presiden Soeharto:

Soeharto juga tak pernah neko-neko soal pilihan makanan. Ia terkenal paling suka menyantap tempe bacem, termasuk saat sarapan.

Selain tempe bacem, Soeharto juga suka sayur lodeh buatan Ibu Tien, sang istri. Beberapa mantan stafnya juga pernah mengatakan kalau Soeharto juga kerap minta dibuatkan mie instan saat tengah sibuk. Presiden Soeharto bahkan rutin menyantap tiwul untuk mencegah kolesterol.

Presiden BJ Habibie:

Suami dari mendiang Ainun ini paling suka menu sarapan semangkuk Bubur Manado dengan suwiran ikan cakalang. Menu makanan favoritnya juga cukup sederhana yakni ayam goreng.

Restoran Sari Bundo di Juanda jadi salah satu rumah makan yang sering disinggahi Habibie. Di sini ia kerap makan ayam goreng dan minum segelas jus terong belanda campur sirsak.

Presiden Abdurahman Wahid:

Presiden yang akrab disapa Gus Dur ini ternyata penggemar croissant. Ia menyebut Pastry Prancis ini dengan nama kue bulan sabit.

Biasanya pastry ini disantap bersama buah melon sebagai menu sarapan. Gus Dur menikmati sarapannya usai melakukan aktivitas rutin jalan pagi.

Presiden Megawati Soekarnoputri:

Selain dikenal suka wisata kuliner, Megawati juga terkenal jago masak. Meski bisa masak berbagai makanan Indonesia, tapi selera makannya tetaaplah sederhana.

Ibu dari Puan Maharani ini suka makan gado-gado, pepes ikan mas dan opor ayam. Ia bahkan memiliki warung gado-gado langganan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono:

Menu sarapan presiden ini juga sederhana. Pria yang akrab disapa SBY ini besar di di Pacitan, selera lidahnya juga sederhana. Tempe dan tahu adalah makanan wajib yang dinikmati setiap hari.

Selain tahu dan tempe, SBY juga paling suka makan pecel lele, pecel Madiun hingga telur dadar sederhana.

Presiden Jokowi:

Jokowi juga terkenal memiliki selera makan yang amat sederhana. Selain soto, ia kerap memilih singkong sebagai menu sarapannya.

Koki istana pernah mengatakan Jokowi sangat suka makan jagung dan singkong rebus yang diberi kelapa parut. Suami Iriana ini juga penggemar berat sayur bayam dan tumis bunga pepaya. Saat pagi, Jokowi selalu minum segelas jamu hasil racikan temulawak, jahe dan kunyit.

sumber: detikcom

Related posts

Leave a Comment