Kredit Modal Kerja Terbesar Disalurkan Perbankan di Sumut

kredit perbankan

Topmetro.News – Kredit modal kerja masih tetap menjadi ‘pasar’ terbesar dalam penyerapan kredit perbankan di Sumatera Utara atau sebesar Rp97,97 triliun pada Januari 2019 yang menunjukkan baiknya bisnis di provinsi ini.

“Setelah modal kerja, terbesar kedua adalah kredit investasi dan disusul konsumsi,” ujar Yusup Ansori, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatera bagian utara di Medan, seperti disiarkan antaranews, Minggu (31/3/2019).

Kredit Modal Kerja Selanjutnya Kredit Investasi

Menurut dia, pada periode serupa, kredit investasi mencapai Rp 61,29 triliun dan kredit konsumsi Rp 51,69 triliun.

“Kondisi komposisi kredit itu menunjukkan bagusnya bisnis di Sumut,” katanya.

Dia mengakui, penyaluran kredit perbankan konvensional Sumut posisi Januari 2019 sudah naik 5,18 persen

”Penyaluran kredit Januari 2019 naik 5, 18 persen secara “year on year” atau sebesar Rp 205 triliun,” katanya.

Pertumbuhan Kredit Ditargetkan Hingga 9 Persen

Meski kredit meningkat, sambung dia, tetapi kredit bermasalah atau NPL perbankan di Sumut masih terkendali atau sebesar 2,60 persen.

OJK, beber Yusup, berharap kredit masih terus bertumbuh sesuai harapan sebesar 8 – 9 persen tahun ini.

Target pertumbuhan penyaluran kredit perbankan Sumut tahun ini sebesar 8 – 9 persen sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang di kisaran 5,1 – 5,3 persen.

baca juga: KREDIT TANPA AGUNAN, PEMERINTAH CAIRKAN RP 25 JUTA

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, kredit tanpa agunan kini direalisasikan. Pemerintah lewat Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan penyaluran KUR alokasi di bawah Rp 25 juta tidak perlu menggunakan agunan. Pasalnya agunan tak dibutuhkan lantaran sudah dijamin pemerintah.

“Saya tegaskan KUR mikro dibawah Rp 25 juta tanpa jamiman, karena pemerintah sudah jamin!” katanya di sela-sela kegiatan Sinergi Kementerian Koperasi Dan UKM dengan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, di Pulau Punjung, Selasa (12/3/2019).

Reporter | JEREMITARAN

Related posts

Leave a Comment