Partai AKP Turki Desak Penghitungan Ulang Suara Pemilu

penghitungan ulang

topmetro.news – Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) pimpinan Presiden Tayyip Erdogan mendesak penghitungan ulang penuh dari semua surat suara dalam pemilihan lokal di Istanbul.

Hal itu disampaikan, seorang pejabat senior partai AK, Minggu (7/4/2019). Atau seminggu setelah hasil awal menunjukkan kemenangan tipis bagi partai oposisi utama Turki.

AKP mengalami kekalahan dari pemilihan Walikota Istanbul dan Ankara. Kedua kota ini merupakan wilayah yang didominasi partai dan para pendahulu Islam selama seperempat abad.

Erdogan bahkan menjadi terkenal sebagai Walikota Istanbul pada 1990-an sebelum tampil sebagai pemimpin nasional.

BACA | Partai Erdogan Kalah di Istanbul dan Ankara, Lira Turki Anjlok

Mengajukan Banding

AKP telah mengajukan banding atas hasil awal di semua 39 distrik di kota berpenduduk 15 juta orang, yang mengarah ke penghitungan ulang sebagian atau seluruh kota terbesar di Turki.

Sejauh ini, kemenangan awal Ekrem Imamoglu, kandidat walikota untuk Partai Rakyat Republik sekuler (CHP), telah menyempit setelah penghitungan ulang selesai.

Wakil Ketua AKP Ali Ihsan Yavuz mengatakan, ada kesalahan terorganisasi dalam hitungan awal. AKP akan naik banding ke Badan Pemilihan Tinggi (YSK), sebagai penengah terakhir pada perselisihan pemilu. Agar semua surat suara Istanbul dihitung ulang.

“Kami memilih jalur untuk menghilangkan kesalahan numerik. Tapi itu belum berakhir,” katanya kepada wartawan dalam komentar yang disiarkan televisi pada Minggu.

Kekalahan di Ankara dan Istanbul, jika dikonfirmasi KPU, akan sangat menyakitkan bagi Erdogan, yang berkampanye tanpa henti untuk pemilihan lokal.

Selama 16 tahun berkuasa, Erdogan telah mengawasi pertumbuhan ekonomi yang kuat, sebagian besar didukung oleh ledakan pembangunan yang didanai dengan utang murah, yang telah memenangkan dukungan untuk AKP di luar basis Turki yang saleh dan konservatif.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment