Longsor di Sibolga, 1 Unit Rumah Rusak, Intensitas Curah Hujan Tinggi

Longsor di Sibolga

Topmetro.News – Longsor di Sibolga menyebabkan satu unit rumah warga dilaporkan rusak berat terutama bagian dapurnya. Peristiwa longsor di Sibolga ini terjadi persis di perbukitan di depan Kantor Pegadaian Kota Sibolga di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Huta Tonga-tonga, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, Senin (8/4/2019).

Longsor di Sibolga Kini Sedang Bersihkan Bongkahan Longsor

Bencana alam longsor ini diakui R Panggabean, Lurah Huta Tonga-tonga saat dikonfirmasi wartawan, Senin (8/4/2019) malam.

“Tadi pagi sudah masuk laporan kepada kami di kelurahan, dan kita sudah melakukan upaya tahap awal membersihkan bongkahan longsor yang menerjang rumah warga. Dan musibah longsor ini sudah ditangani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sibolga,” jelasnya seperti dikutip Topmetro.News dari antarasumut.

Menurut dia, penyebab terjadinya longsor itu kuat dugaan lantaran hujan deras yang mengguyur wilayah itu pada Minggu (7/4/2019) malam.

Baca Juga | LONGSOR DI PARAPAT, POLISI JANGAN DIAM SAJA

Seperti diberitakan Topmetro News sebelumnya, longsor di Parapat yang berulang kali menutup jembatan Sidua-dua di Desa Sibanganding, Simalungun disinyalir akibat aksi penebangan kayu secara liar di daerah perbukitan. Penyebab longsor di Parapat itu diungkapkan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Utara.

“Pemerintah, Dinas Kehutanan Simalungun, Polres dan institusi terkait lainnya agar menyelidiki penyebab longsor itu,” kata Dana Prima Tarigan, Direktur Eksekutif Walhi Sumut.

Katanya, longsor di Parapat terjadi karena lantaran adanya kerusakan hutan akibat penebangan liar yang dilakukan masyarakat setempat.

Reporter | JEREMITARAN

Related posts

Leave a Comment