Warga Tangkap Buaya Muara di Sungai, Mata Ditutup Kain

warga tangkap buaya

Topmetro.News – Warga tangkap buaya jenis buaya muara di Sungai Siak lantaran meresahkan penduduk setempat. Seekor buaya berukuran 1,3 meter yang diperkirakan berusia 2,5 tahun ditangkap warga dan diserahkan ke Kantor Damkar (Pemadam Kebakaran).

Warga Tangkap Buaya Dibawa ke BBKSDA

Info yang diperoleh, warga terpaksa menangkap buaya di sungai Siak, Riau. Buaya kini dibawa ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

“Awalnya kita mendapat kabar dari pihak Damkar Pekanbaru. Bahwa ada masyarakat menangkap buaya,” kata Dian Indriati, pejabat Humas BBKSDA Riau kepada wartawan, Jumat (12/4/2019) seperti dikutip Topmetro.News dari spiritriau.

Dian Indriati menambahkan, buaya yang ditangkap warga awalnya diserahkan ke kantor Damkar, Pekanbaru. Dari informasi itulah, BBKSDA Riau menjembut buaya yang ada di kantor Damkar.

“Saat kita jemput, kondisi buaya masih dalam keadaan terikat dan ditutup dengan kain pada bagian kepalanya,” kata Dian.

Penjemputan buaya itu dilakukan tim BBKSDA Riau. “Tim dokter hewan melakukan pemeriksaan kesehatan. Buaya tersebut adalah jenis buaya muara,” kata Dian.

Kondisi Buaya Butuh Pemulihan

Buaya yang ditangkap warga berukuran panjang 1,3 meter. Usianya diperkirakan 2,5 tahun. Kondisinya sekarang masih perlu pemulihan.

“Sehubungan dengan keterbatasan sarana dan prasarana untuk buaya di kandang transit, maka kita menitipkan satwa itu sementara ke Kebun Binatang Kasang Kulim untuk proses pemulihan,” kata Dian.

baca juga | SUNGAI MELUAP, BUAYA MASUK PERMUKIMAN WARGA

Seperti diberitakan Topmetro News sebelumnya, buaya masuk permukiman, lantaran banjir merendam permukiman di Desa Talontam, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau saat banjir melanda.

Beruntung, warga bersama polisi masih berhasil menangkap binatang buas itu di persawahan.

Polisi mengatakan setelah ditangkap, buaya dewasa itu dibawa ke Polsek Benai lalu diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Diketahui buaya sepanjang 3 meter ini ditangkap, Minggu (9/12/2018) sekitar pukul 14.00 WIB. Buaya itu muncul karena meluapnya Sungai Kuantan dan merendam permukiman sekitarnya.

Sebenarnya, menurut warga, buaya sudah terlihat di persawahan Sabtu (8/12/2018). Namun, karena banjir belum surut, warga gagal menangkapnya.

Reporter | JEREMITARAN

Related posts

Leave a Comment