Terungkap, Inilah Ruangan Tidur Pilot Dalam Pesawat

TOPMETRO.NEWS – Penumpang bukan satu-satunya orang yang bisa menikmati tidur dalam penerbangan jarak jauh. Para awak kabin seperti pramugari dan pilot juga bisa menikmati tidur di atas ketinggian puluhan ribu kaki diatas permukaan laut.

Lalu, dimana mereka biasanya tidur? Anda tentu akan bertanya-tanya bukan?

Dilansir dari laman Independent.co.uk, pilot memiliki ruangan tersendiri untuk menghabiskan separuh perjalanan mereka yang panjang dengan istirahat.

Pada beberapa pesawat jenis Boeing 777, ruang istirahat bagi pilot terdapat pada kelas pertama dan terselip di balik kokpit. Pilot hanya perlu memanjat sebuah tangga tersembunyi untuk masuk ke area rahasia mereka.

Di sinilah mereka bisa istirahat untuk melepaskan kantuk. Meski agak sempit, ruangan ini memiliki dua kursi kelas bisnis dan tempat tidur datar yang sederhana.

Ada pula tirai untuk membantu meredam suara dari mesin pesawat. Tak lupa telepon juga disediakan di ruangan ini untuk sewaktu-waktu menghubungi pilot jika terjadi kondisi darurat.

Pemandangan yang lebih wah dapat ditemukan pada pesawat jenis A380 Lufthansa Airbus. Pasalnya, ruangan istirahat para pilot dilengkapi dengan kamar mandi dan westafel.

Sedangkan pada pesawat American Airlines 777, ruang istirahat pilot dilengkapi dengan TV. Pada pesawat Singapore Airlines terlihat sentuhan mewah untuk ruang istirahat pilot, yakni dengan memberikan bantal berbahan satin.(TMN)

Related posts

Leave a Comment