Pertamina Bantu Modal Pemilik UMKM, Peringati Hari Kartini

Pertamina Bantu Modal

Topmetro.News – Pertamina bantu modal pemilik UMKM khusus bagi pengusaha wanita. Pertamina bantu modal pengusaha perempuan itu disalurkan Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Sumatera bagian utara (Sumbagut). Perusahaan ‘plat merah’ ini menyalurkan dana modal bagi pemilik UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) sebesar Rp 275 juta. Hal ini terkait memperingati Hari Kartini.

Pertamina Bantu Modal Semarakkan Hari Kartini

“Penyaluran dana PK (Program Kemitraan) senilai Rp 275 juta yang dilakukan pada momentum peringatan Hari Kartini sebagai bukti komitmen perusahaan terhadap kemajuan usaha wanita,” ujar M Roby Hervindo, Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR I di Medan, Minggu (21/4/2019) seperti disiarkan antaranews.

Bantuan Modal Diterima Simbolis

Dia mengatakan itu usai memberi apresiasi kepada pengemudi wanita dan pemberian bantuan dana modal bergulir secara simbolis yang diterima pemilik usaha minuman kemasan Tophtea, Desi di peringatan Hari Kartini di SPBU Pertamina Yos Sudarso Medan.

36 Persen dari 128 Mitra, Perempuan

Menurut Roby Hervindo, di wilayah Sumut, 36 persen dari 128 mitra pelaku UMKM binaan Pertamina adalah perempuan.

Realisasi Penyaluran Modal untuk Mitra Binaan Perempuan Rp 2,8 M

Penyaluran dana pinjaman untuk mitra binaan perempuan yang dilakukan sejak tahun 2016 sudah terealisasi Rp 2,8 miliar.

Sementara, menurut dia, Januari hingga April 2019, Pertamina sudah menyalurkan modal bergulir sebesar Rp 575 juta.

“Total penyaluran PK di Sumut sendiri selama 2016-2019 sudah mencapai Rp8,4 miliar,” papar Roby Hervindo.

Persaingan Usaha Ketat

Di sana, Desi selaku pemilik usaha Tophtea yang menjadi mitra binaan Pertamina sejak 2017 mengaku sangat terbantu dengan dana bergulir Pertamina itu.

“Usaha saya awalnya sangat sulit karena persaingan ketat dan lainnya, tetapi saya terus berjuang dan berkat bantuaan dana dan bimbingan lain Pertamina juga, usaha mulai membuahkan hasil,” katanya.

Hal serupa diungkapkan Rama Suhut, Manager Retail Fuel Marketing Pertamina MOR I. Menurutnya, apresiasi bagi pelanggan perempuan di Hari Kartini berlaku di 21 SPBU kota Medan.

Apresiasi berupa pemberian suvenir dan diskon BBM dengan beberapa ketentuan berlaku sejak 21-22 April 2019.

baca juga | PERTAMINA PROYEKSIKAN DANA PINJAMAN UKM RP 12 MILIAR

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, tahun 2018 lalu, Pertamina siapkan dana pinjaman UKM Rp 15 miliar untuk mendukung perkembangan usaha kecil dan menengah/UKM di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Nantinya, Dana pinjaman UKM itu disalurkan ke kalangan pengusaha kecil untuk pengembangan prospek usaha mereka.

Dana pinjaman UKM itu hanya dikenakan biaya administrasi sebesar 3 persen per tahun.

“Dari rencana sebanyak itu, yang sudah terealisasi disalurkan hingga kwartal I sebanyak Rp2,6 miliar,” ujar seorang pejabat perusahaan ‘plat merah’ itu di Medan, Jumat (4/5/2018) silam.

Reporter | JEREMITARAN

Related posts

Leave a Comment