Kaviar, Makanan Termahal Orang Kaya, Kenapa?

makanan termahal orang kaya

Topmetro.News – Makanan termahal orang kaya, Kaviar. Yakni telur ikan Sturgeon yang telah diproses dan digarami. Bentuk telur ikan ini berupa butiran bening berwarna oranye atau hitam. Aromanya sedikit anyir seperti daging ikan, bertekstur renyah dan rasanya gurih. Biasanya dijadikan topping canape atau salad. Tak heran menu ini jadi makanan termahal orang kaya.

ikan strugeon

Makanan Mewah karena Harga Mahal

Sedangkan Sturgeon merupakan nama umum dari 26 spesies dalam famili Acipenseridae, termasuk genus Acipenser, Huso, Scaphirhynchus dan Pseudoscaphirhynchu.

Ikan ini merupakan famili ikan bertulang tertua yang masih hidup, mereka hewan asli sungai, danau dan pantai di subtropis, iklim sedang dan subarktik sepanjang Eurasia dan Amerika Utara.

Beberapa spesies Sturgeon dipanen untuk telurnya yang dipakai untuk membuat kaviar

Kaviar, makanan mewah dan biasanya disajikan untuk orang-orang kaya, karena harga kaviar sangatlah mahal. Kaviar biasanya dikonsumsi saat-saat tertentu misalnya ketika merayakan ulang tahun maupun pesta mewah lainnya. Karena harganya yang mahal, biasanya jarang dimakan setiap hari.

Kaviar yang berkualitas bagus dan berharga mahal berasal dari ikan Surgeon yang ditangkap secara liar.

Walaupun harganya mahal, seperti dikutip dari Kompas Travel. namun Kaviar merupakan salah satu makanan pembuka bagi raja Salman bin Abdulaziz al-Saud, Kaviarnya tersebut berasal dari Ikan Stugeon Beluga yang hanya bisa dibeli lewat pesanan khusus. Harganya pun lebih mahal.

Penghasil Ikan Sturgeon

Ikan Sturgeon yang ditangkap biasanya berasal dari daerah Laut Kaspia. Sedangkan negara-negara penghasil Kaviar itu antara lain Perancis, Azerbaijan, Kazakstan, Italia, Rusia. Untuk mendapatkan kaviar itu agak susah. Karena selain ikannya harus dijaga, ada waktu tertentu yang bisa diambil kaviarnya. Hingga kini negara yang mampu mengembangbiakan sturgeon adalah China.

Ikan Sturgeon dapat ditemukan baik di air tawar maupun di laut, tergantung pada spesiesnya. Ikan Sturgeon biasanya hidup di bumi bagian utara. Ikan tersebut dapat tumbuh hingga 13 kaki panjangnya atau sekitar 3,6 meter dengan berat bisa mencapai lebih dari satu ton.

Daging ikan sturgeon juga bisa dijual, biasanya dikemas dalam kaleng atau dibekukan. Harga ikan sturgeon tergantung dari telur yang dihasilkan.

gambar kaviar

Dipanen dari Sturgeon Betina Besar

Kaviar dikelompokkan berdasarkan kualitas kandungan garamnya. Ada istilah ‘malassol’. Istilah tersebut digunakan untuk kaviar yang berkualitas tinggi, kandungan garamnya kurang dari 5%. sedangkan istilah ‘payusnaya’ digunakan untuk kaviar yang memiliki kandungan garam 10%.

Telur ini dipanen dari seekor ikan Sturgeon betina besar berdaging putih. Telur-telur tersebut dipanen dari ovarium, kemudian diproses melewati penyaringan yang halus sehingga telur tersebut terpisah dari cairan, lemak dan membran.

Karena melalui proses yang panjang inilah maka harga telur ikan ini menjadi sangat mahal.

Kaviar memiliki rasa asin yang ringan. Agar tak mudah rusak kaviar diawetkan. Proses pengawetan itu yang membuat kaviar menjadi bulatan-bulatan. Ikan Sturgeon yang menghasilkan kaviar tersebut terdiri dari berbagai jenis diantaranya Sturgeon osetra, sevurga, sturgeon putih, shortnose sturgeon. Sedangkan yang menghasilkan kaviar paling mahal adalah sturgeon beluga.

Harganya Rp 40 Juta ke Atas

Ikan Sturgeon itu adalah ikan langka sehingga wajar saja kalau harga kaviar itu menjadi mahal karena dipengaruhi oleh ketersediaan dari ikan tersebut, semakin langka jenis kaviar, akan semakin mahal harganya.

Kaviar Beluga sendiri dijual dengan harga mencapai Rp 40 juta keatas dengan berat 250 gram. Untuk kaviar dengan grade yang bagus berasal dari ikan sturgeon yang hidup liar di laut dalam. Kalau yang diternakkan itu kualitasnya kurang bagus.

kaviar seperti Beluga hanya bisa dibeli lewat pesanan khusus. Harganya pun lebih mahal. karena harganya relatif mahal, untuk menikmati Kaviar anda bisa datang ke resto-resto berbintang.

Cara Hidangkan Kaviar

Cara yang sederhana untuk menghidangkan kaviar dengan crackers, bread toast yang diolesi mentega serta jus lemon. Bila kaviar disimpan dalam kulkas, saat ingin digunakan, biarkan beberapa saat agar suhu dinginnya hilang.

Agar tidak merubah rasa kaviar, saat menghidangkan jangan menyajikan dalam peralatan makan yang terbuat dari stainless steel atau perak,. Lebih baik gunakan peralatan makan yang terbuat dari kayu, kaca, atau plastik.

reporter | herryansyah

Related posts

Leave a Comment