Gubernur Sumut Harapkan Perguruan Tinggi dan BUMD Berperan Optimalisasi Zakat

Gubernur Sumut

topmetro.news – Gubernur Sumut (Sumatera Utara) mengharapkan semua pihak mendukung dan berpartisipasi dalam upaya optimalisasi pengumpulan zakat. Khususnya Perguruan Tinggi (PT) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di daerah ini.

Hal itu disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi saat menghadiri acara Sosialisasi Optimalisasi Pengumpulan Zakat Melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di Perguruan Tinggi dan BUMD Provinsi Sumut, di Aula Raja Inal Siregar, Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (30/4/2019).

Menggerakkan dan Membangkitkan Zakat

Menurut Gubernur, Perguruan Tinggi dan BUMD dapat menggerakkan dan membangkitkan zakat di lingkungannya masing-masing. “Sehingga kegunaannya lebih dapat dirasakan masyarakat dan mewujudkan Sumatera Utara yang bermartabat,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumut Armansyah Nasution mengatakan, hal ini dilakukan untuk melaksanakan amanah peraturan perundang-undangan. Diharapkan Perguruan Tinggi menentukan nama pengurus atas dasar kesepakatan semua pihak untuk bersedia membentuk pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

“Diharapkan setelah selesai Ramadan sudah terbentuk dan sudah aktif, maka diharapkan setiap Perguruan Tinggi bisa menghimpun dana yang bisa digunakan bagi mahasiwa yang membutuhkannya,” ungkap Armansyah.

Armansyah menyampaikan, sosialisasi optimalisasi zakat melalui UPZ Perguruan Tinggi dan BUMD ini diadakan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Baznas Nomor 2 tahun 2016 dan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011.

Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Dian Armanto menyambut baik upaya optimalisasi pengumpulan zakat melalui UPZ. Bahkan, menurutnya, seluruh Perguruan Tinggi Swasta siap untuk mengikutsertakan dosen dan pegawainya dalam pengumpulan zakat.

“Nanti, akan ada tim pengumpul zakat di Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Utara. Sehingga ke depan akan membantu mahasiswa untuk berkuliah di Perguruan Tinggi masing-masing melalui zakat yang dikumpulkan dari dosen dan pegawai,” ujar Armanto.

Dikatakan Armanto, dari jumlah keseluruhan Perguruan Tinggi di Sumatera Utara sekitar 269 Perguruan Tinggi Swasta ditargetkan 60 persen akan memiliki badan zakat yang bisa membantu.

“Dan Sumut memiliki sekitar 10 ribu orang dosen yang sekitar 70 persennya beragama Islam. Nantinya akan dikumpulkan zakatnya di masing-masing Perguruan Tinggi. Sehingga berharap ke depan mahasiswa dapat difasilitasi di perguruan tingginya masing-masing,” sebutnya

Kegiatan tersebut turut dihadiri dari perwakilan Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Utara, perwakilan dari BUMD, para pengurus Baznas Provinsi Sumut dan undangan lainnya.

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment