Nama-Nama Populer Terancam Gagal Masuk Parlemen?

nama populer

topmetro.news – Sejumlah nama populer diprediksi gagal di Pemilu 2019. Mereka yang sudah kadung tenar dan wara-wiri di media nasional belum tentu beruntung menuju parlemen. Lantaran tak semua masyarakat sukarela memilih mereka.

Para pesohor yang nyaleg ini datang dari beragam latar belakang. Ada yang kader-kader murni partai politik, mahasiswa yang memulai debut di politik elektoral. Atau bahkan para selebritas yang namanya sudah populer di masyarakat.

Persaingan di Dapil Neraka

Salah satunya Maruarar Sirait dari PDI Perjuangan, yang maju sebagai caleg di Dapil Jawa Barat III. Kendati punya nama populer sebagai salah satu influencer Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, tapi ia terancam gagal melenggang ke Senayan.

Faktornya bisa saja karena ia berada di ‘dapil neraka’ atau kudu berhadapan dengan sejumlah caleg lain yang juga punya nama tenar dan pengaruh. Sebut saja Ahmad Riza Patria dari Gerindra, Syarifuddin Hasan dari Partai Demokrat, atau Eddy Soeparno dari PAN.

Begitu juga dengan Budiman Sudjatmiko. Mantan aktivis PRD yang dua periode duduk di parlemen dari PDIP ini juga terancam gagal ke Senayan lewat Dapil Jawa Timur VII –yang meliputi Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi– karena beratnya persaingan. Mereka yang menjadi saingannya adalah Johan Budi SP (PDIP), Edhi Baskoro Yudhoyono (Demokrat), dan Jessica Herliani Tanoesoedibjo (Perindo).

Namun, Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPP PDI Perjuangan Arif Wibowo belum mau memberikan konfirmasi apakah Maruarar dan Budiman tidak lolos ke Senayan. “Belum bisa disampaikan sebelum data memenuhi syarat untuk proporsionalitasnya dalam real count,” kata Arif saat dikonfirmasi media.

Debut perdana ‘corong politik’ Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga dan Partai Demokrat, Ferdianand Hutahean juga tak berjalan mulus. Ia berada di Dapil Jawa Barat V, yang banyak pesaing keras: Salah duanya adalah Fadli Zon (Gerindra) dan Andian Napitupulu (PDI).

Beberapa caleg lainnya yang berpotensi gagal adalah politikus Demokrat, Jansen Sitindaon di Dapil Sumatera Utara III, Tsamara Amany (PSI) di Dapil DKI Jakarta II, dan Faldo Maldini (PAN) di Dapil Jawa Barat V. Ketiga orang ini padahal sudah kerap muncul di media nasional selama gelaran Pemilu 2019.

Jansen mengatakan, pertarungan di dapilnya memang agak sulit. Sebab, selain karena termasuk ‘dapil neraka’, ada faktor lain yang membuat dirinya berpotensi kalah. “Tapi ini, kan, masih suara sementara. Saya satu dapil, kan, dengan Bang Hinca (Pandjaitan),” kata Jansen kepada media.

Nama Populer dan Ambang Batas

Tak hanya yang murni sebagai kader partai, beberapa selebritas yang mencoba peruntungannya di Pemilu 2019 juga banyak yang kurang berutung. Nama populer berpotensi gagal berkantor di DPR RI, contohnya Choky Sitohang dan Giring ‘Nidji’ Ganesha di Dapil Jabar I. Lalu Sultan Djorghi di Dapil Jawa Barat VIII. Charly Van Houten di Dapil Jawa Barat IX dan Angel Lelga di Dapil Jawa Barat VII.

Mereka adalah nama-nama populer yang sudah moncer di televisi berkat bakat-bakat mereka sebagai penyanyi, aktor, hingga pembawa acara.

BACA | Situng Dianggap Meresahkan, BPN Laporkan KPU ke Bawaslu

Ketua Bappilu PSI Endang Tirtana mengatakan Giring dan Tsamara seharusnya bisa lolos ke DPR RI seandainya partai nomor urut 11 ini bisa melewati ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

“Kalau menurut QC (quick count} di semua dapil yang Anda tanyakan (Jawa Barat I dan DKI Jakarta II) itu, PSI lolos dan memperoleh kursi. (Tapi) kami masih menunggu rekap kecamatan yang masih sedang berlangsung di tiap kecamatan,” kata dia saat dikonfirmasi.

sumber | tirto.id

Related posts

Leave a Comment