TNI AD Cari Letkol Pemberi Informasi Hoaks ke Rizal Ramli

letkol ad

topmetro.news – Pernyataan Rizal Ramli yang menyebut ada oknum Letkol TNI AD mengatakan Prabowo Subianto menang Pilpres 2019, menjadi perhatian. TNI Angkatan Darat pun akan menelusuri pernyataan Menko Maritim itu, sebagaimana diunggah di akun Twitter-nya, Minggu (5/5/2019) kemarin.

Sebagaimana diketahui, Rizal Ramli menulis dalam akun Twitter-nya: Barusan belanja buah di supermaket. Didatangi ibu2 dan bapak yg saya tidak kenal. Ibu2 katakan, “Pak Ramli harus bicara lebih keras, ini sudah ndak benar! Kemudian datang seorang LetKol AD”, “Pak ini sudah kebangetan, laporan2 Babinsa PS sudah menang. Bahkan di komplex Paspamres!”

Soal ini, Kasad Jenderal Andika Perkasa mengatakan, mereka akan menelusuri siapa Letnan Kolonel TNI AD yang disebut Rizal. “Secara internal, kami pasti akan melakukan pemeriksaan terhadap yang diduga. Apa dia Letkol AD atau pangkat lainnya dan kesatuan lain kita belum tahu,” ujar Andika dalam keterangan pers di Mabes TNI AD, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

“Intinya, kami akan memproses hukum si pemberi informasi bohong (Letkol TNI AD) kepada salah satu tokoh bangsa. Kalau benar dia begitu, pasti akan kami proses,” lanjut dia.

Cari Oknum Letkol TNI AD

Andika sudah memerintahkan Komandan Pusat Polisi Militer TNI AD dan Direktur Hukum TNI AD untuk menelusuri siapa Letkol TNI AD yang disebutkan Rizal di dalam unggahan Twitter-nya itu. Tim penyelidikan disebut sudah mulai berjalan.

Ketika ditanya dari mana TNI AD akan memulai penelusurannya mencari si Letkol itu, Andika tidak mau menjawab rinci. “Tidak bisa kita buka. Tapi kami punya unsur pengamanan, kemudian Danpuspom ya, sebagai penyidik dalam sistem hukum militer. Mereka masing-masing akan bergerak mencari informasi,” ujar Andika.

Ia sekaligus meminta apabila ada masyarakat yang mengetahui perihal informasi itu, maka diharapkan segera melaporkannya ke TNI AD.

BACA | Tetap Oposisi, Mardani Ali Sera Haramkan Siapa pun Teriak Ganti Presiden

Menurut Andika, memproses si Letkol jauh lebih penting daripada melaporkan Rizal ke kepolisian. Sebab, informasi yang dikatakan Letkol kepada Rizal adalah berita bohong. Dan berpotensi menimbulkan persepsi bahwa TNI AD tidak netral dalam Pemilu 2019.

“Itu adalah berita bohong yang membuat nama institusi kami tercemar,” ujar mantan Panglima Komando Strategis TNI AD itu.

Sementara terhadap Rizal, Andika menegaskan tak akan melaporkannya ke kepolisian.

berbagai sumber

Related posts

Leave a Comment