6 Manfaat Ajaib Salat Tarawih Bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!

Salat tarawih

topmetro.news – Salat tarawih merupakan ibadah yang hanya dilaksanakan saat bulan Ramadan. Gak heran kalau kemudian banyak masyarakat yang gak mau melewatkan ibadah yang satu ini.

Akan tetapi, nyatanya masih ada segelintir orang yang malas melaksanakan salat tarawih dengan berbagai alasan. Padahal selain ganjaran yang tak terhingga, salat yang satu ini juga mendatangkan kesehatan bagi siapapun yang konsisten melaksanakan ibadah yang satu ini.

Berikut enam manfaat luar biasa salat tarawih bagi kesehatan.

1. Melatih persendian

Tarawih merupakan salat yang memiliki jumlah rakaat banyak dalam pelaksanaannya, yang semua tentunya melibatkan pergerakan sendi-sendi. Selama bulan Ramadan, kamu akan ‘dipaksa’ untuk melatih sendi-sendi secara rutin dan teratur yang tentunya hal ini dapat membuat sendi-sendi menjadi lebih sehat.

2. Membakar kalori dan menurunkan kadar gula darah

Banyak sekali orang yang memiliki kebiasaan berbuka dengan makanan manis secara berlebihan. Padahal kebiasaan seperti ini gak baik karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara drastis. Salat tarawih memiliki fungsi fisiologis yang mirip dengan olahraga. Sehingga, dengan melaksanakan salat tarawih selepas berbuka akan membakar sejumlah kalori dalam tubuh sekaligus menurunkan kadar gula darah.

3. Meningkatkan fungsi otak

Salah satu gerakan dalam salat yaitu sujud mampu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke otak, yang mana hal ini bermanfaat dalam meningkatkan konsentrasi serta membuat otak dapat bekerja secara optimal. Salat ini sendiri memiliki jumlah rakaat yang cukup banyak. Jadi, kebayang dong gimana hebatnya manfaat yang bakal kamu dapat jika rutin melaksanakan salat tarawih. Dijamin kamu bisa tetap konsentrasi penuh sepanjang hari walaupun sedang berpuasa.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Menurut studi yang dilakukan di Harvard University, ibadah salat tarawih ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan efek yang dihasilkan kurang lebih sama dengan ketika kamu melakukan kardio, olahraga yang bertujuan menjaga kesehatan jantung.

5. Meningkatkan fleksibilitas pada orang lanjut usia

Pada umumnya, di usia lanjut kekuatan dan daya tahan tubuh seseorang akan semakin berkurang. Ini terjadi lantaran pertambahan usia juga menyebabkan berbagai organ pada tubuh ikut mengalami penuaan dan penurunan kinerja. Hal ini akan semakin diperparah kalau orang-orang tersebut malas melakukan aktivitas fisik.

Konsisten melaksanakan ibadah tarawih merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas berbagai macam organ tubuh seperti otot, sendi, jantung, dan tulang. Dampaknya, mereka yang telah lanjut usia bisa lebih luwes dalam melakukan berbagai macam aktivitas.

6. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Seperti yang kamu tahu, olahraga dapat meningkatkan stamina, karena ketika tubuh bergerak maka peredaran darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lancar. Selain itu banyak bergerak juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Sama seperti olahraga, gerakan berulang-ulang yang dilakukan saat salat tarawih juga dapat memperlancar peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh serta meningkatkan kerja jantung. Alhasil, tubuh jadi lebih bugar dan gak gampang sakit.

sumber | idntimes.com

Related posts

Leave a Comment