You are here
2 Terduga Teroris Asal Sumut Ditangkap di Malaysia, Tetangga Kaget Nasional 

2 Terduga Teroris Asal Sumut Ditangkap di Malaysia, Tetangga Kaget

Topmetro.News – Terduga teroris asal Sumut Muhammad Amru Lubis alias Amru Lubis (49) ditangkap Polisi Diraja Malaysia. Terduga teroris asal Sumut ini disebut-sebut salah satu dari empat terduga teroris yang diamankan. Tak pelak lagi, penangkapan Amru Lubis sontak mengagetkan tetangganya di daerah ini.

Info yang diperoleh, Amru Lubis, sebelum tinggal di Malaysia pernah menyewa rumah kontrakan dan tinggal belasan tahun di Jalan KLY Sudarso, Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli Lingkungan III.

Terduga Teroris Asal Sumut Berprofesi Tukang Sayur

Sueb, selaku Kepala lingkungan III Kelurahan Kota Bangun membenarkan hal itu. “Sekitar tahun 2011 dia pindah, karena rumah yang sudah belasan tahun ditinggalinya, dijual pemilik rumah dan saat ini bekas rumahnya telah dijadikan lahan untuk pabrik,” kata Sueb, Selasa (14/5/3019) seperti disiarkan tribunnews.

Selama bergaul dengan masyarakat sekitar, terduga teroris asal Medan ini dikenal sebagai pribadi yang ramah dan banyak dikenal masyarakat.

Terlebih, profesinya sebagai tukang sayur keliling di kampung itu.

“Kesehariannya dulu jualan sayur keliling seperti kol, sawi, genjer dan lainnya di lingkungan sini,” ujarnya.

Selalu Ikut Pengajian

Selain itu, kata Sueb lagi, warga juga tidak pernah melihat gelagat aneh dari Sueb dan keluarganya selama tinggal di lingkungan III Kota Bangun.

“Amru seperti warga biasa, sering ikut pengajian di masjid dia termasuk orang yang alim. Dia termasuk warga yang menerima bantuan pemerintah seperti Raskin dan BLT. Dan waktu itu langsung saya salurkan kepadanya,” ujar Sueb.

Walaupun sebagai mantan warga. Namun, silaturahim Sueb dengan Amru berjalan dengan sangat baik.

Selama bergaul, katanya, Amru tak pernah memperlihatkan gelagat mencurigakan.

“Terakhir saya jumpa tiga tahun lalu. Dia bilang ingin pindah meninggalkan Medan. Tapi dia pindah tanpa memberikan alasan dan memberi kabar,” katanya.

“Jujur saya kaget mendengar kabar ini. Karena dia baik-baik saja waktu saya kenal,” kenang Sueb.

Sekadar diketahui, Amru Lubis ditangkap Polisi Diraja Malaysia bersama tiga warga negara Malaysia lainnya karena hendak melancarkan serangan skala besar pada minggu pertama Ramadan.

Dua Warga Indonesia Ditangkap

Mabes Polri mengkonfirmasi adanya dua warga negara Indonesia (WNI) yang diamankan Polis Diraja Malaysia (PDRM) yang diduga terlibat dalam rencana terorisme di Malaysia.

Brigjen Pol Dedi Prasetyo, Karopenmas Divisi Humas Polri mengatakan dua WNI itu saat ini sedang ditangani E8, yakni tim khusus yang diperuntukkan menghadapi teroris seperti Densus 88 Antiteror di Indonesia.

“Dari hasil koordinasi antara Kepolisian Negara Indonesia dengan Diraja Malaysia memang ada dua WNI yang patut diduga terlibat rencana terorisme di Malaysia. Saat ini kedua WNI itu sedang ditangani E8,” ujar Dedi di Mabes Polri.

baca juga | TERORIS PEREMPUAN BUNUH DIRI DI RUTAN, MIRIP BOM SIBOLGA

Seperti dikabarkan Topmetro.News sebelumnya, terduga teroris perempuan bunuh diri. Wanita berinisial Y alias Khodijah (39) itu tewas usai melakukan aksi bunuh diri di dalam Rutan Polda Metro Jaya Senin (18/3/2019) lalu. Aksi nekat pelaku terduga teroris perempuan ini mirip kasus bom Sibolga yang menggemparkan jagad nyata beberapa hari lalu.

Brigjen Dedi Prasetyo, Karopenmas Divhumas Polri mengatakan sebelum menghembuskan napas terakhir, pelaku sempat dirawat di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Diduga meminum cairan pembersih saat di tahanan,” kata Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (20/3/2019) silam.

Reporter | jeremitaran

1.672 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment