SBY Ingin Berbagi Pengalaman dengan Jokowi

susilo bambang yudhoyono

topmetro.news – Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mempunyai pengalaman panjang menjabat sebagai Presiden RI selama dua periode. SBY tentu ingin berbagi pengalaman itu dalam rangka memberikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) menangani situasi politik, hukum, dan keamanan belakangan ini.

Demikian disampaikan Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/5/2019). AHY baru saja diterima Presiden Jokowi.

Kondisi kebangsaan yang dimaksud, menurut AHY, utamanya pascapengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2019. “Harapan dari Bapak SBY dan kita semua bahwa pemerintah dan negara dapat menangani situasi pascapengumuman secara damai. Harus dihadirkan solusi-solusi atau pendekatan yang tepat,” kata AHY.

AHY menyatakan, tersedia ruang dialog dan komunikasi antar sesama anak bangsa. “Karena ini bangsa kita sendiri. Kita berharap penanganan dilakukan dengan baik dan sebisa mungkin terhindar dari segala korban yang tidak diperlukan. Tetapi tentu ini negara hukum yang harus ditegakkan secara tegas, dan berkeadilan,” ujar AHY.

BACA JUGA | SBY Apresiasi Pidato Kemenangan Jokowi

Apresiasi Prabowo Sandi

Sebelumnya, Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasi upaya Paslon Prabowo Sandi menggugat hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal tersebut sesuai dengan UUD 1945.

“Saya bersyukur dan lega. Karena Bapak Prabowo dalam menyampaikan penolakan atau gugatannya terhadap hasil Pilpres yang dihitung oleh KPU, akan dilakukan melalui jalan konstitusi. Tafsiran saya melalui Mahkamah Konstitusi. Jalan yang dibuka dan disediakan oleh konstitusi kita,” kata SBY dalam keterangannya melalui video yang diterima, Rabu (22/5/2019).

SBY juga menyebut, “Bapak Prabowo juga menyerukan kepada pendukungnya agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban umum. Dan dalam menyampaikan pendapat di depan umum, tetaplah dilaksanakan secara damai, berakhlak dan konstitusional.”

Menurut SBY, langkah Prabowo Sandi di MK akan selalu dikenang. “Pak Prabowo, apa pun hasil dari gugatan Bapak ke MK nanti, sejarah akan mencatat. Bapak adalah seorang konstitusionalis. Serta seorang yang menghormati pranata hukum juga champion of democracy. Sebuah legacy yang akan dikenang dengan indahnya oleh generasi mendatang,” ucap Presiden Keenam RI tersebut.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment