Partai BJP Menang Telak, Modi Janji Persatukan Bangsa India

Pemilu India

topmetro.news – Perdana Menteri India Narendra Modi berjanji untuk menyatukan negara itu. Pernyataan Modi dilontarkan pada Kamis (23/5/2019) setelah kemenangan telak partainya di Pemilu India.

Data resmi dari Komisi Pemilihan Umum setempat menunjukkan Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) Modi memimpin 300. Jumlah itu lebih 50 persen dari 542 kursi yang diperebutkan.

Jumlah itu naik dari 282 yang dimenangkan BJP pada Pemilu India 2014. Kini Modi memperoleh lebih dari 272 kursi yang dibutuhkan untuk mayoritas di majelis rendah parlemen.

“Bersama-sama kita akan membangun India yang kuat dan inklusif. India menang lagi!” kata Modi di Twitter.

Reformasi Ekonomi

Kemenangan Modi mendorong pasar keuangan karena investor mengharapkan pemerintahnya untuk terus mengejar reformasi ekonomi.

Modi akan berada di bawah tekanan untuk memberikan kesempatan kerja bagi puluhan juta anak muda yang datang ke pasar kerja dalam beberapa tahun mendatang. Selain itu ada tugas untuk meningkatkan pendapatan pertanian yang tertekan.

“Tantangan langsung adalah untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan, masalah pendapatan pertanian dan menghidupkan kembali sektor perbankan,” kata Madan Sabnavis, kepala ekonom di Care Ratings di Mumbai.

BACA | Meskipun Disanksi, Venezuela Jual Cadangan Emas US$570 Juta

Pemilu Maraton

Pemilu India berlangsung maraton selama enam pekan dan berakhir, Minggu (19/5/2019) kemarin. Proses perhitungan suara dilakukan tanggal 23 Mei 2019.

Pemilu India sebagai yang terbesar di dunia menjadi pertaruhan bagi partai nasionalis Hindu dari PM Narendra Modi, Partai Bharatiya Janata (Bharatiya Janata Party/BJP), agar terpilih lagi untuk lima tahun mendatang.

Sebelumnya, empat hasil jajak pendapat memperlihatkan kemenangan besar untuk koalisi pemerintah yang dipimpin BJP, Aliansi Nasional Demokrat (National Democrat Alliance/NDA), yaitu meraih kemenangan antara 280-315 kursi. Jauh dari saingannya Partai Kongres.

Semua prediksi itu muncul meskipun koalisi BJP diperkirakan mengalami kekalahan besar di negara bagian utara, Uttar Pradesh. Wilayah ini mengirimkan 80 calon anggota parlemen.

Pada Pemilu India 2014, BJP meraih kemenangan 71 kursi negara bagian.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment