Soal Tiket Bandung-Medan Rp21 Juta, ini Kata Garuda

tiket pesawat

topmetro.news – Maskapai Garuda Indonesia membantah pihaknya menjual tiket pesawat rute Bandung-Medan seharga Rp21 juta. Harga itu sendiri muncul di sebuah media dan menjadi bahan perbincangan.

“Harga tiket penerbangan Jakarta – Medan yang dijual Garuda sebesar Rp2,1 juta. Sesuai tarif batas atas yang ditetapkan pemerintah,” kata Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Ikhsan menjelaskan harga yang ditulis di salah satu media adalah harga tiket rute Bandung – Medan seharga Rp21 juta. Namun bukan penerbangan langsung. Tapi melibatkan banyak kota sebagai transit yaitu Bandung – Denpasar – Jakarta – Kualanamu dan memutar jauh sehingga harganya menjadi mahal.

“Garuda Indonesia sendiri tidak punya rute Bandung – Medan,” kata Ikhsan Rosan.

Untuk itu, Ikhsan Rosan berpesan agar masyarakat lebih cermat bila bertransaksi di agen perjalanan daring (online travel agent). Serta perlu melihat detail rute dan transit yang ditawarkan sistem pencari.

“Karena sistem akan mencari rute kursi yang tersedia walaupun terlalu banyak transit, memutar jauh dan melibatkan banyak maskapai penerbangan. Sehingga harga yang muncul terlalu mahal,” kata Ikhsan Rosan.

Ikhsan Rosan menegaskan, seluruh rute penerbangan Garuda Indonesia mengimplementasikan harga tiket pesawat yang mengacu kepada tarif batas atas yang ditentukan pemerintah.

Tiket Pesawat Menggila

Sebagaimana diberitakan, enam hari jelang Lebaran (H -6) harga tiket pesawat terus meroket. Bahkan cenderung tidak masuk akal. Di agen penjualan online Traveloka harga tiket pesawat untuk keberangkatan 31 Mei 2019 rute Jakarta-Medan dijual dengan harga paling murah Rp3,7 juta untuk kelas ekonomi.

Penerbangan ini menggunakan maskapai Lion Air dan harus transit di Kuala Lumpur untuk ganti pesawat Batik Air. Jika kelas ekonomi habis, ada kelas bisnis pada rute yang sama dijual Rp9,9 juta.

Lebih parah lagi bila terbang dari Bandung ke Medan. Tiketnya Rp13,4 juta sampai Rp21,9 juta untuk penerbangan menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Untuk mengakali mahalnya harga tiket ini, pemudik harus ada usaha ekstra. Yaitu terbang lewat Kuala Lumpur yang kelas ekonominya masih tersedia.

BACA | YLKI: Tekan Harga Tiket Pesawat Semurah Mungkin

Jadi, pemudik terbang ke Kuala Lumpur, dari Kuala Lumpur baru terbang ke Medan atau tujuan lain di Sumatera. Waktu yang dihabiskan memang lebih lama karena ada jeda transit dan ganti pesawat. Tapi biaya yang dihemat cukup lumayan.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment