Shakira Hadapi Sidang Penggelapan Pajak di Pengadilan Spanyol

penggelapan pajak

topmetro.news – Penyanyi asal Kolombia, Shakira, muncul di pengadilan Spanyol, Kamis (6/6/2019) waktu setempat. Dia hadir disana untuk menjawab tuduhan atas kasus penggelapan pajak.

Pihak jaksa menuduh Shakira talah lalai membayar pajak sebesar 14,5 juta Euro. Pajak sebesar itu adalah untuk penghasilan yang dia diperoleh sepanjang 2012 dan 2014.

Shakira sendiri tiba di Pengadilan Esplugues de Llobregat di dekat Kota Barcelona. Penyanyi sensual itu masuk melalui pintu lapangan parkir untuk menghindari kejaran media.

Jaksa setempat sudah mengajukan tuntutan Desember lalu, untuk periode yang mereka katakan Shakira telah tinggal di wilayah Catalonia, Spanyol.

Namun, perwakilan Shakira mengatakan, sang penyanyi tidak tinggal di Spanyol sampai 2015. Selain itu, Shakira juga disebutkan telah memenuhi semua kewajiban pembayaran pajaknya.

Penyanyi berusia 42 tahun ini, menikah dengan pemain bertahan Barcelona, Gerard Pique, pada tahun 2011. Pasangan selebritis ini memiliki dua anak, yaitu Sasha dan Milan.

BACA | Fast & Furious 9, John Cena vs Vin Diesel?

Shakira Dituduh Gelapkan Pajak Rp237 M

Sebagaimana diketahui, Jaksa Spanyol telah menuntut Shakira dengan tuduhan penggelapan pajak sebesar US$16,3 juta atau Rp237,5 miliar sepanjang tahun 2012 dan 2014.

Dalam tuduhan yang diterbitkan pada Jumat (14/12/2018) waktu setempat tersebut, Shakira disebut tinggal di Bahama sebagai alamat penagihan pajak. Padahal sebenarnya ia tinggal di Barcelona, Spanyol bersama pasangannya pesepakbola asal Barcelona Gerard Pique serta anak-anaknya Sasha dan Milan.

Seorang sumber yang dekat dengan penyanyi itu mengatakan bahwa Shakira percaya dia tidak bersalah. Dia menyebut jaksa hanya menggunakan kasus ini sebagai ‘kampanye kotor’ untuk menargetkan artis yang sukses.

Tim Shakira yakin penyelidikan dan tuduhan itu diinisiasi untuk mengintimidasi pembayar pajak lain dan menggunakan Shakira sebagai ‘kambing hitam’. Sumber tersebut juga mengatakan bahwa Shakira telah membayar semua pajak.

Pada tahun 2015, Shakira secara resmi menjadi penduduk Spanyol. Ini adalah tahun yang sama dengan kelahiran anak keduanya Sasha.

Investigasi atas pajak Shakira dibuka kembali pada Januari 2018. Berita tuduhan penggelapan pajak ini datang setelah Shakira mengumumkan jika dirinya membuka dua sekolah di Kolombia yakni di Cartega dan Barranquilla lewat yayasan yang dipimpinnya, Pies Descalzos Foundation.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment