Orbitkan Wisata Kawah Putih Bukit Kapur Simalungun, Gubsu akan Perbaiki Jalannya

bukit kapur tinggi raja

topmetro.news – Kawah Putih Bukit Kapur di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, menyita perhatian Gubsu Edy Rahmayadi. Dia pun berniat mengorbitkan Bukit Kapur Tinggi Raja itu menjadi objek wisata yang bernilai jual bagi wisatawan.

Edy mengatakan segera melakukan perbaikan akses jalan ke lokasi tersebut.

Ditemui di sela halalbihala Idulfitri 1440 H di Aula Gubernuran, Jalan Sudirman Medan, Senin (10/6/2019), Gubernur Edy mengatakan keinginannya agar pariwisata Sumut semakin digemari wisatawan.

Menurutnya objek wisata yang memiliki daya tarik, akan memanjakan wisatawan. Sekaligus menambah alternatif masyarakat yang ‘haus’ liburan. Lebih dari itu, objek wisata yang memiliki daya tarik, akan memicu bergairahnya usaha-usaha mikro dan kecil.

“Saya akan bagusi jalan menuju danau apa itu yang di Simalungun,” kata Gubernur Edy kepada wartawan. Danau yang dimaksudkannya adalah Kawah Putih Bukit Kapur Tinggi Raja.

BACA JUGA | KMP Ihan Batak Layani 15.960 Penumpang

Dukung Perbaikan

Secara terpisah, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Effendy Pohan, di Medan, Selasa (11/6/2019) mengatakan, mendukung perbaikan jalan menuju kawasan dimaksud.

“Jalan utamanya jalan status provinsi Saran Padang batas Sergai. Namun yang 9 km masuk ke dalam, merupakan jalan kabupaten. Untuk mendukung program parawisata tersebut, kami akan berkoordinasi dengan Dinas PU Simalungun untuk penanganannya,” sebut Effendy Pohan.

Sebagaimana diketahui, Kawah Putih Bukit Kapur itu mirip danau kecil. Airnya adalah dari bukit kapur putih salju. Warna airnya cantik menawan, yakni biru kehijauan. Persis seperti kawah putih di daerah Ciwidey, Jawa Barat.

Masyarakat di sana menyebutnya Bukit Kapur Tinggi Raja. Lokasinya persis berada di tengah-tengah kawasan hutan lindung. Jaraknya sekitar 90 km dari Kota Medan.

Sayangnya, akses jalan menuju ke sana masih rusak, butuh perbaikan. Kondisi jalannya berbatu dan berlubang kurang lebih sepanjang 9 km. Tapi sebelum itu jalan rusak itu, kondisi jalan sudah lumayan bagus.

Dikutip dari berbagai sumber, Kawah Putih Tinggi Raja terbentuk dari proses panas bumi yang mengandung belerang. Dari situ, terbentuk bukit kapur putih seperti bukit bukit salju.

Di sisi lain kawah putih itu, terdapat sungai dan airnya terasa hangat. Karena sebagian air sungai berasal dari aliran air panas kawah putih tersebut.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment