You are here
Yamaha Garap Skuter Listrik dengan Kemudahan Penggantian Baterai Tekno 

Yamaha Garap Skuter Listrik dengan Kemudahan Penggantian Baterai

topmetro.news – Pasar sepeda motor listrik makin dilirik. Di Indonesia, sudah ada sepeda motor listrik berjenis skuter otomatis (skutik) Gesits. Kali ini, giliran Yamaha Motor Company (Yamaha) menggarap motor listrik. Seperti dikutip Electrek, Yamaha kini gencar jualan skuter listrik di Taiwan.

Alasannya, pasar sepeda motor listrik di sana sangat menggiurkan. Skuter listrik terbaru Yamaha diberi nama EC-05.

BACA | Smartphone Lipat Oppo Desain Futuristik dengan Kamera Pop-up

Kerjasama dengan Gogoro

Dalam pembuatan EC-05, Yamaha tidak sendirian. Pabrikan berlambang garputala itu menggandeng produsen motor lokal, Gogoro sebagai pemasok baterai skuter listrik tersebut. Sehingga kalau dilihat secara desain, bakal terasa Yamaha. Sedangkan untuk bagian dalamnya, mayoritas bikinan Gogoro.

Boleh jadi, langkah ini diambil Yamaha demi menekan harga jual.

Meski begitu, Yamaha masih menutup rapat informasi resmi mengenai spesifikasi EC-05. Karena, skuter listrik ini baru diproduksi massal pada Agustus nanti. Namun, beberapa sumber di Gogoro maupun Yamaha Taiwan menyebut, skutik listrik anyar itu mampu melaju hingga hingga 60 mph atau 95 kilometer per jam (kpj).

Kemudian untuk konsumsi daya, jika baterai terisi penuh, EC-05 mampu menempuh jarak hingga 100 kilometer tanpa henti.

Untuk memudahkan penggunanya, Gogoro menyediakan dua batang baterai untuk EC-05. Sangat praktis memang, terlebih baterai batangan buatan Gogoro bisa diganti dengan cepat dan mudah bila salah satunya telah habis. Proses pengisian daya baterai juga gampang. Bisa dengan colokan listrik di rumah, atau di stasiun pengisian daya listrik umum.

Lanjut ke soal harga, Yamaha belum menyebutkannya. Begitu juga dengan kemungkinan pemasaran motor itu ke luar Taiwan, Yamaha masih bungkam.

sumber | beritasatu.com

Loading...
158 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment