You are here
Hindari Antrean Panjang, Peserta Ziarah Akbar Silalahi Raja Pilih Jalur Alternatif Komunitas 

Hindari Antrean Panjang, Peserta Ziarah Akbar Silalahi Raja Pilih Jalur Alternatif

Topmetro.News – Ribuan peserta Ziarah Akbar Silalahi Raja (ZASR) II tahun 2019 yang bakal memadati dua daerah di Kabupaten Samosir yakni Tolping dan Pangururan diminta agar memilih jalur alternatif. Ini perlu untuk menghindari antrean panjang arus lalulintas yang macet jalur penyeberangan di sekitar kawasan obyek wisata Danau Toba. Terlebih saat ini, masih suasana libur panjang.

peserta ziarah akbar2
foto| dokumentasi topmetro.news

Peserta Ziarah Akbar Sudah Berdatangan

”Ribuan massa peserta maupun para undangan ziarah akbar yang menyemarakkan Ziarah Akbar Silalahi Raja selama 2 hari (red, 5-6 Juli 2019) mungkin sebagian masih di perjalanan. Namun sebagian sudah banyak yang tiba di Samosir (Pangururan dan Tolping). Bagi peserta Ziarah Akbar yang masih di perjalanan diharapkan mencari jalur alternatif untuk menghindari macet di jalur penyeberangan kapal ke Samosir, sehingga dapat tiba di lokasi tepat waktu,” kata St Drs BRD Silalahi, Ketua Panitia ZASR-II dalam siaran persnya yang diterima Topmetro.News, hari ini.

Cari Jalur Alternatif

BRD–begitu dia disapa akrab–berharap peserta ziarah terkhusus dari luar Sumut mencari jalur alternatif itu.

Peserta dan undangan dari luar Sumatera Utara, sambung BRD, bila naik pesawat udara/darat lintas tengah via Bandara Silangit-Doloksanggul dapat menempuh dari jalur Tele-Pangururan-Tolping.

Begitupun peserta yang naik jalur darat via lintas timur ke (Ferry/kapal) Ajibata-Tomok-Ambarita-Tolping-Pangururan.

Semementara dari Medan/Langkat/Binjai/Brandan/Aceh dapat menempuh lewat jalur Tigaras-Simanindo (Ferry/kapal penumpang)-Tolping.

baca berita terkait | RIBUAN MASSA IKUT SEMARAKKAN ZIARAH AKBAR SILALAHI RAJA 2019

Sebagaimana disiarkan Topmetro.News sebelumnya, perhelatan Ziarah Akbar Silalahi Raja (ZASR) II tahun 2019 tinggal menghitung hari. Moment bersejarah yang digelar dua tahunan itu, masih dipusatkan di dua tempat yakni Tolping dan Pangururan Kabupaten Samosir. Sekadar diketahui, massa yang bakal dihadiri 10 ribu itu akan berkumpul pada 5-6 Juli 2019.

Seluruh keturunan Raja Silahisabungan secara khusus Silalahi Raja diharapkan ikut menyemarakkan moment ini.

Menurut BRD Silalahi, diprediksi 10 ribu-an massa dari Sumut maupun dari luar daerah diperkirakan bakal hadir memeriahkan acara ini.

‘Pesta Marsombuh Sihol’ ZASR II tahun ini, kata BRD Silalahi, mengusung thema ”Abdi Bumi Danau Toba” yang memiliki visi: ”Aku dan Kamu Adalah Satu”.

BRD menjelaskan ZASR II dimaksud memiliki sejumlah misi, diantaranya untuk memantapkan jiwa membangun keturunan marga Silalahi. Selain itu, papar BRD, menjaga marwah marga Silalahi di bumi persada, melestarikan buda leluhur Silalahi serta memajukan sektor pariwisata ‘Samosir Kepingan Surga’.

Pada Jumat 5 Juli 2019, papar BRD lagi, panitia telah menyusun sejumlah agenda diantaranya: kebaktian singkat, martonggo secara adat (spritual, tabur bunga), makan bersama, marsombuh sihol (temu kangen), tortor naposo, hiburan dan perlombaan.

”Itu agenda yang telah disusun Jumat 5 Juli 2019, dilaksanakan Dolok Paromasan, Kecamatan Pangururan-Samosir.”

reporter | jeremitaran

630 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment