You are here
Kronologis Kecelakaan Maut di Dairi, 1 Tewas, 35 Luka-luka Daerah 

Kronologis Kecelakaan Maut di Dairi, 1 Tewas, 35 Luka-luka

Topmetro.News – Kronologis kecelakaan maut bus yang mengangkut rombongan pesta dari Siantar ke Dairi itu masih simpang siur. Sekadar diketahui, kecelakaan maut antara bus jenis isuzu Elf ‘laga kambing’ dengan truk pengangkut getah yang menyebabkan 1 korban tewas dan 35 orang luka-luka di Jalan kawasan hutan lindung Lae Pondom, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Rabu (10/7/2019) sekitar pukul 10.30 WIB.

kronologis kecelakaan maut
foto | lintas publik

Kronologis Kecelakaan Maut, Laga Kambing dengan Truk

Ikhwal kronologis kecelakaan maut yang terjadi di Dairi itu, menurut info yang diperoleh bus Isuzu laga kambing dengan truk pengangkut getah karet di kawasan hutan lindung Lae Pondom, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi. Lokasi kecelakaan maut dimaksud merupakan jalan menikung.

Awalnya bus (yang berada di depan) hanya terbalik ke bahu jalan, sedangkan bus kedua ringsek berat. Hampir setengah badan bus remuk. Truk pengangkut getah karet juga ringsek.

Kedua bus masing-masing bernomor polisi BK 7003 TM dan BK 7005 TM. Sementara, truk: BL 8984 E.

“Satu mobil kami ada sekitar 18 orang,” kata Pangaribuan, salah satu anggota rombongan sebagaimana disiarkan lintaspublik.

Bus Isuzu ELF laga kambing dengan truk pengangkut getah karet di kawasan hutan lindung Lae Pondom, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Rabu (10/7/2019).

Pangaribuan mengatakan, mereka datang dari Parluasan, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar. Mereka dalam perjalanan menuju ke Gereja HKBP Sidikalang, Jalan Gereja, untuk menghadiri pesta.

kronologis kecelakaan maut
foto | lintas publik

Makan Separuh Jalan, Kecelakaan Cukup Singkat

Ronal Nadapdap, Sopir salah satu bus nahas mengungkapkan, kejadian terjadi cukup singkat. “Kami datang dari arah Merek menuju Sidikalang. Sesampai di sini (TKP) ini, tiba-tiba ada truk dari arah Sidikalang melaju kencang dan posisinya memakan separuh badan jalan.”

“Saya sempat mengelak, tetapi bagian samping kanan bus saya tertabrak, sehingga oleng, lalu kami terbalik,” kenang Ronal yang ditemui di lokasi kejadian.

Bus kedua, sambung Ronal, posisinya di belakangnya tak sempat mengelak alias banting stir ke kiri. Tak pelak lagi, benturan hebat tak terelakkan.

“Kacaulah kondisinya saat itu. Penumpang-penumpang sudah dilarikan ke Puskesmas dan rumah sakit oleh polisi,” kenang Ronal lagi.

Polisi Amankan Sopir Truk

Brigadir A Sinuraya, Wakanit Laka Sat Lantas Polres Dairi di lokasi kejadian mengatakan, pihaknya telah mengamankan sopir truk pengangkut karet ke Mapolsek Sumbul.

“Sopir truk sudah kita amankan. Sekarang ini kita mengevakuasi kedua bus dan truk agar tidak menimbulkan kemacetan,” kata Sinuraya.

Hingga kini polisi belum merilis data dan identitas para korban dalam kecelakaan maut itu.

baca juga | KECELAKAAN MAUT TOL, 12 TEWAS, TERMASUK RONI TAMPUBOLON

Seperti disiarkan Topmetro.News  sebelumnya, kecelakaan maut Tol Cikopo – Palimanan Km.150 mengakibatkan 12 orang tewas dan puluhan orang terluka. Kecelakaan maut di jalan tol ini terjadi Senin (17/6/2019) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Dari belasan korban tewas, termasuk Roni Mari Tampubolon, 37 usia tahun.

Korban tewas sudah dievakuasi ke RSUD Cideres Majalengka, Jawa Barat, termasuk dua korban yang masih harus menjalani observasi.

“RSUD Cideres menerima 14 korban, diantaranya 12 tewas, dan yang masih observasi 2,” ujar Pujiharto, Kepala Seksi Pelayanan Penunjang Medis dan Non Medis RSUD Cideres, Senin (17/6/2019).

Info yang diperoleh menyebutkan seorang penumpang yang menyerang sopir Bus Safari Lux hingga mengakibatkan kecelakaan maut yang menewaskan 12 orang adalah Anshor (29) yang bekerja sebagai sekuriti di Jakarta.

reporter | jeremitaran

2.219 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment