You are here
Ponsel Tenaga Surya dari Xiaomi Didaftarkan ke WIPO Tekno 

Ponsel Tenaga Surya dari Xiaomi Didaftarkan ke WIPO

topmetro.news – Xiaomi berencana membuat ponsel tenaga surya atau yang listriknya memanfaatkan sinar matahari. Ambisi ini terungkap setelah LestGoDigital menemukan sketsa paten Xiaomi yang didaftarkan pada World Intellectual Property Organization (WIPO).

Sebagaimana dikutip dari Android Authority, Rabu (7/8/2019), dari sketsa paten tersebut memperlihatkan ponsel  Xiaomi yang punya bezel tipis, baik dari sisi depan dan samping.

Sedangkan bagian paling menarik berada di punggung ponsel yang memperlihatkan lembaran panel surya fotovoltaik (PV).

Sederhananya, konsep solar power ini mirip dengan panel surya yang ditemukan di rumah atau perkatoran ramah lingkungan, namun ukurannya saja yang menjadi lebih kecil.

Nantinya, panel tersebut akan menyerap cahaya matahari dan menyalurkannya untuk pengisian daya baterai. Meski begitu, belum diketahui kapasitas baterai yang ditampung ponsel tenaga surya tersebut.

Baca Juga: Sasar Anak Muda, Ini Spesifikasi Ponsel Xiaomi MI CC

Sedangkan fitur lainnya sama seperti penggunaan dua kamera belakang, menggunakan layar sentuh, hingga punya kamera depan.

Meski terdengar inovatif, namun Xiaomi sebenarnya bukan vendor pertama yang membuat ponsel tenaga surya. Vendor yang menyandang ponsel pertama di dunia yang ditenagai cahaya matahari adalah Samsung Guru E1107 yang dirilis pada tahun 2009 lalu.

Selain itu, Ponsel Xiaomi juga telah mengumumkan produk smartphone terbaru seri CC. Produk seri terbaru itu merupakan hasil kolaborasi Xiaomi dengan Meitu. Smartphone pertama yang dirilis dari seri CC yakni Mi CC9e.

Dikutip dari GSM Arena, seri CC diperkenalkan langsung oleh CEO Xiaomi, Lei Jun.

Pemilihan nama CC dilakukan sebagai wujud dari smartphone tersebut yang colorful and creative. Smartphone ini dikembangkan oleh tim Chic&Cool 90 dari Xiaomi dan Meitu.

sumber | Android Authority

241 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment