Padamkan Karhutla di Riau, Kasum TNI Apresiasi Prajurit TNI-Polri

Padamkan karhutla

Topmetro.News – Padamkan karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di Riau diapresiasi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto. Supriyanto sangat mengapresiasi seluruh prajurit TNI dan Polri serta anggota dari Manggala Agni dan masyarakat yang hingga kini masih terus bahu membahu memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah itu.

Padamkan karhutla2
foto kiriman | Puspen TNI

Padamkan Karhutla Secara Maksimal

Hal itu disampaikan Kasum TNI usai menerima paparan Danrem 031/WB Brigjen TNI M. Fadjar terkait tugas-tugas yang sudah maupun yang akan dilaksanakan oleh Satgas Karhutla Provinsi Riau, bertempat di ruang rapat VIP Lancang Kuning, Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru Riau, Sabtu (10/8/2019).

Menurut Letjen TNI Joni Supriyanto, stand by pasukan dan perlengkapan terutama Heli Water Bombing serta bahan bakarnya akan menjadi prioritas kedepan untuk mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Provinsi Riau.

“Saya juga berterimakasih kepada Satgas Karhutla Riau yang telah bekerja maksimal dengan segala kendala yang dihadapi dalam penanggulangan Karhutla di Provinsi Riau,” katanya.

Padamkan karhutla3
foto kiriman | Puspen TNI

Peninjauan dari Udara

Selanjutnya, Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto bersama Gubernur Riau Drs H Syamsuar M Si, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko P, Danlanud RSN Marsma TNI Ronny Moningka, Danrem 031/WB Brigjen TNI M Fadjar, melakukan peninjauan dari udara melihat wilayah yang terbakar serta menemui anggota Satgas Darat yang melaksanakan pemadaman di lapangan.

Kasum TNI beserta rombongan juga meninjau ke daerah Pekanbaru, Taman Nasional Tesso Nilo Kabupaten Pelalawa, Desa Penarikan Kabupaten Pelalawa dan Desa Begadu Kabupaten Pelalawan.

Turut serta dalam peninjauan itu diantaranya Waasintel Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) R. Widad P. Ajie, M.B.A, dan Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo.

Padamkan-karhutla4
foto kiriman | Puspen TNI

baca juga | JK SARAGIH DITANGKAP DI DUMAI, DISANGKA BAKAR HUTAN DAN LAHAN

Sebagaimana diwartakan Topmetro.News sebelumnya, JK Saragih ditangkap. JK Saragih alias Jama Kita Saragih (48) harus ‘menginap’ di balik jeruji besi Mapolres Dumai, (19/7/2018). Pria yang berprofesi sebagai petani ini diduga telah melanggar tindak pidana yakni lalai telah mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

JK Saragih ditangkap awalnya Kamis (19/7/2018) lalu sekitar pukul 10.30 WIB diperoleh informasi bahwa telah terjadi kebakaran lahan di Jalan Suka Ramai Ujung RT 010 Kelurahan Bukit Kayu Kapur Kecamatan Bukit Kapur.

Menerima informasi adanya kebakaran hutan dan lahan, polisi langsung bergerak cepat mendatangi TKP selanjutnya olah TKP dilakukan.

Sejumlah saksi di TKP menyebut, pemicu kebakaran lahan itu lantaran JK Saragih membuat api unggun dengan mengumpulkan daun kering kemudian setahu bagaimana api menjalar dan tiba-tiba membesar sehingga terjadi kebakaran lahan dan hutan di lokasi itu.

Setelah melengkapi alat bukti, pelaku JK Saragih diboyong ke Mapolres Dumai untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

P Nainggolan, Kapolres Dumai AKBP Restika menyebutkan pelaku sudah beberapa hari diamankan. ”Selain pelaku, kami juga mengamankan barang bukti berupa potongan kayu bekas bakaran dan satu unit mesin penyemprot rumput.”

reporter | jeremitaran
kiriman | Puspen TNI

Related posts

Leave a Comment