Satgas Yonif MR 411 Kostrad Bersama Suku Kanum Peringati HIMAS

Satgas Yonif MR 411 Kostrad

Topmetro.News – Satgas Yonif MR 411 Kostrad di Pos Rawabiru bersama Suku Kanum menggelar acara peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) di Kampung Rawabiru, Distrik Sotta, Kabupaten Merauke, Jumat (9/8/2019).

Satgas Yonif MR 411 Kostrad2
foto kiriman | puspen TNI

Satgas Yonif MR 411 Kostrad Keliling Kampung

Perayaan HIMAS digelar setiap 9 Agustus oleh PBB dan Masyarakat Adat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dalam perayaan di Kampung Rawabiru, acara dimeriahkan dengan kegiatan Kirab Keliling Kampung sambil memainkan alat musik khas Suku Kanum, tarian adat dan bernyanyi bersama di akhiri dengan acara makan-makan bersama di Pos Rawabiru.

Satgas Yonif MR 411 Kostrad3
foto kiriman | puspen TNI

Jaga Persatuan dan Kesatuan

Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han. Dansatgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di Pos Rawabiru bersama Suku Kanum merupakan salah satu upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa melalui budaya adat.

“Kita (Satgas) akan selalu membina hubungan baik dengan masyarakat, salah satunya adalah dengan melestarikan budaya adat setempat, sehingga kedepan akan tercipta ikatan kekeluargaan yang kuat antara Satgas dan Masyarakat di sekitar pos,” ujarnya.

Satgas Yonif MR 411 Kostrad4
foto kiriman | puspen TNI

Lestarikan Budaya Adat

Sementara itu, Komandan Pos Rawabiru Letda Inf Raden Adityas menyampaikan Satgas bersama warga Kampung Rawabiru mengadakan acara peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia sebagai bentuk melestarikan budaya adat guna mempererat hubungan silaturahmi dengan masyarakat.

Bapak Kepala Suku Harun Khoi Dimar menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada bapa TNI dari Satgas Yonif MR 411 Kostrad yang telah menyelenggarakan acara peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia di Kampung Rawabiru.

“Semoga semakin mempererat hubungan silaturahmi kita semua,” ucapnya.

baca juga | PANGLIMA TNI RESMIKAN SATUAN KOOPSSUS TNI

Sebagaimana dilaporkan Topmetro.News sebelumnya, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P bertindak selaku Inspektur Upacara pada peresmian satuan Koopssus TNI (Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia) di lapangan Satpamwal Denma Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2019).

Sekadar diketahui bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu Kolonel Mar Nanang Saefulloh, S.E. yang sehari-hari menjabat Komandan Denjaka.

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan pembentukan satuan Koopssus TNI didasari pada beberapa aturan hukum terkait tugas pokok TNI, termasuk diantaranya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 yang juga mengatur pelibatan TNI dalam penanggulangan terorisme.

“Secara tegas Undang-Undang tersebut mengatur tugas TNI dalam mengatasi aksi terorisme merupakan bagian dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi TNI yaitu penangkal, penindak dan sebagai pemulih,” terangnya.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dinamika ancaman asimetris yang terus berkembang, khususnya terorisme global, menuntut kesiapan TNI untuk dapat mengatasinya dengan dilandasi ketentuan dan aturan hukum yang kuat.

“Pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme sudah menjadi amanat Undang-Undang, terutama bila dipandang ancaman itu sebagai tindakan yang mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah, ataupun keselamatan segenap bangsa Indonesia.”

reporter | jeremitaran

kiriman | Badarudin Puspen TNI

Related posts

Leave a Comment