PT XL Axiata Beberkan Persiapan untuk Ibu Kota Baru

PT XL Axiata

topmetro.news – PT XL Axiata sepenuhnya mendukung keputusan pemerintah yang menetapkan sebagian wilayah Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara untuk menjadi Ibu Kota Indonesia yang baru.

Pihak XL Axiata mengatakan bahwa 2020 akan menjadi salah satu fokus untuk pembangunan infrastruktur baru di Kalimantan Timur.

“Sama halnya dengan apa yang kami lakukan untuk Jakarta, kami akan melihat serta melakukan kerja sama dengan Pemda mengenai tata letak ruang seperti apa, dan melakukan design planning untuk mobile network yang lebih baik,” ucap Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi PT XL Axiata, dalam acara pengenalan fitur baru aplikasi Laut Nusantara di Jembrana, Bali, Kamis (29/8/2019).

Tinjau Pembangunan Infrastruktur BTS

Sayangnya, masih belum bisa diketahui secara pasti berapa jumlah BTS yang tersebar di wilayah Kalimantan Timur. Namun pembangunan infrastruktur masih ditinjau dari tata letak kota.

Baca Juga: Fokus XL Axiata Bangun Jaringan di Luar Jawa, Rp 7,5 T Diinvestasikan

Tak hanya itu, mengingat akan dibangunnya infrastruktur baru di wilayah Kalimantan Timur, pihak XL Axiata akan mencoba memperlebar pilot project frekuensi 5G di sana serta membangun smart city. XL Axiata akan meninjau apakah hal tadi dapat dilakukan di Kalimantan Timur.

PT XL Axiata Mengandalkan Jaringan Fiber Optik

Seperti yang diketahui, terkait layanan telekomunikasi yang diberikan, XL mengandalkan jaringan fiber optik di wilayah Kalimantan Timur, sekaligus mengoneksikannya dengan wilayah lain di luar Kalimantan.

Jaringan XL Axiata sendiri telah didukung dengan backbone fiber optik yang menghubungkan Kalimantan dengan Sulawesi, Bali-Lombok, Jawa, dan Sumatera. Begitu pula dengan jaringan antar kota di Kalimantan yang sudah didukung dengan fiberisasi.

sumber | suara.com

Related posts

Leave a Comment