Seberapa Lama Hasil Operasi Plastik Bertahan?

dampak operasi plastik

topmetro.news – Jika Anda sedang memikirkan melakukan operasi kosmetik, maka perlu untuk mengetahui, berapa lama proses penyembuhannya. Juga apa hasil yang didapat, serta apa dampak operasi plastik tersebut. Pertimbangan penting lainnya adalah, seberapa lama hasil operasi plastik itu akan bertahan.

Dengan begitu, Anda dapat memilih prosedur yang diinginkan, yang tidak saja memenuhi harapan. Namun juga sesuai dengan budget dan gaya hidup Anda. Hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan adalah kapan waktu yang tepat untuk melakukan prosedur tertentu.

Profesor Marcos Sforza di MyBreast Cosmetic Surgery menginformasikan segala sesuatu terkait operasi plastik. Termasuk soal berapa lama sebuah operasi plastik akan berlangsung, tentunya sesuai dengan jenisnya. Selain itu, juga ada pembahasan soal usia berapa sebaiknya sebuah operasi plastik dilakukan.

Jika berencana melakukan operasi kosmetik, coba tanyakan kepada diri Anda, kira-kira dalam beberapa tahun ke depan akan seperti apa penampilan Anda? Beberapa keputusan yang mungkin baik untuk sekarang, belum tentu akan menjadi baik juga di masa depan.

Biaya dan Trending

Jika Anda memilih prosedur kosmetik yang tidak memiliki hasil permanen, ingatlah Anda juga akan membutuhkan biaya untuk terus memperbarui operasi tersebut di masa depan. Termasuk seberapa besar biaya yang akan termakan dengan melakukan prosedur tersebut.

Terkadang, prosedur kedua dapat menghabiskan biaya yang sama besarnya seperti yang pertama. Sehingga sangat penting mengetahui, seberapa sering dan setelah berapa tahun Anda diwajibkan untuk kembali ke meja operasi.

Tidak semua praktik kosmetik bisa dibayar dengan cicilan. Jadi harus tahu bahwa Anda dapat membiayai prosedur yang akan dijalani secara penuh di depan.

Operasi kosmetik membutuhkan proses perencanaan panjang. Termasuk investasi keuangan dan perubahan gaya hidup signifikan di masa depan. Artinya, yang trend saat ini, bisa jadi malah kampungan di masa depan. Padahal Anda sudah terlanjur melakukan operasi untuk itu.

Kemudian, misalnya soal implan. Perlu untuk mengetahui, implan harus diganti setelah beberapa lama. Walaupun implan dada tidak ada kata ‘expire’, nyatanya tidak ada garansi implan tersebut akan awet seumur hidup. Rata-rata produk implan yang mengandung silikon dan saline akan bertahan lama sampai 10 hingga 20 tahun.

Gaya Hidup Sehat

Tidak peduli berapa usia Anda saat memilih untuk melakukan prosedur kosmetik, beberapa operasi membutuhkan perubahan gaya hidup yang permanen jika ingin hasilnya tahan lama.

Misalnya, liposuction dan tummy tuck mesti dipadankan dengan diet sehat dan gaya hidup yang aktif untuk menjaga hasil terbaik. Jika Anda tidak berkomitmen untuk menjaga berat badan, maka akan kembali naik.

Sementara operasi payudara dengan memindahkan lemak ke bagian dada atau operasi pengecilan payudara bersifat permanen. Namun ukuran buah dada Anda tetap dapat berubah ketika berat badan bertambah atau menurun. Jadi Anda harus tetap menjaga kesehatan dan berat badan yang stabil setelah operasi.

Operasi juga tidak akan menghindarkan Anda dari penuaan. Selain itu, faktor gravitasi juga tetap akan mempengaruhi Anda setelah melakukan operasi. Artinya, sebuah ‘facelift’ tidak akan terlihat sesegar ketika Anda baru saja melakukannya.

Menurut data, sekitar 20 persen pasien prosedur ‘facelift’ kembali ke dokter setelah tujuh tahun. Lalu meminta revisi atau melakukan prosedur pengencangan. Mata adalah salah satu area pertama di wajah yang akan menampilkan efek penuaan. Bahkan walau sudah melakukan ‘eye lift’, tetap saja terlihat menua.

Faktor Usia

Beberapa negara mengizinkan usia 16 tahun sudah dapat melakukan operasi plastik. Tetapi ada banyak alasan, agar sebaiknya prosedur operasi dilakukan setelah mencapai usia jauh di atas 16 tahun.

Alasan pertama: Sangat penting memastikan keseluruhan anatomi tubuh pasien sudah terbangun dengan baik sebelum dilakukan operasi. Ini demi alasan estetika.

Contohnya, buah dada akan terus bertumbuh sampai usia 18 tahun. Sehingga operasi payudara hanya dapat dilakukan ketika proses pembentukan natural tersebut sudah selesai. Operasi seperti rhinoplasties (atau nose job) hanya dapat dilakukan ketika tulang wajah sudah berhenti bertumbuh. Yang normalnya terjadi pada usia 18 tahun untuk wanita dan 19 tahun untuk pria.

Mental setiap invidivu juga kunci penting untuk dipikirkan. Terutama untuk pasien berumur terlalu muda. Sangatlah penting setiap individu sudah cukup dewasa untuk membuat keputusan besar.

Batas Usia Maksimal

Saat ini, jumlah pasien berusia tua yang ingin melakukan operasi plastik, cenderung bertambah. Ini bukan hanya masalah seorang individu tidak ingin menerima kenyataan. Namun, generasi saat ini lebih memiliki ekspetasi hidup panjang, tetap sehat dan ingin fisik mereka juga sejalan dengan jalan pikiran mereka.

Sayangnya, ada beberapa risiko ketika melakukan operasi kosmetik di usia lanjut. Contohnya, orang berumur lebih dari 75 tahun punya resiko 1,5 kali lebih tinggi mendapatkan komplikasi.

Bukan cuma usia yang menjadi faktor utama. Jika Anda sehat dan tidak memiliki kondisi kesehatan seperti osteoporosis, diabetes atau darah tinggi, Anda tetap dapat menjadi kandidat yang baik untuk menerima sebuah prosedur.

Berikut ini adalah usia paling optimal untuk melakukan operasi

Di usia 20-an

Seperti yang dijelaskan di atas, sebaiknya menunggu hingga seluruh anatomi tubuh sudah dipastikan tidak lagi bertumbuh sebelum melakukan pembesaran atau pengecilan payudara.

Banyak orang melakukan prosedur ini di usia 20-an. Sehingga mereka bisa menikmati hasil prosedur selama mungkin sebelum dilakukan pengulangan. Di rentang usia ini, para pasien juga mudah melakukan ‘recovery’ setelah prosedur dilakukan. Juga tidak akan terlalu terpengaruh oleh obat bius.

Operasi hidung perlu dilakukan hanya ketika tulang di wajah sudah berhenti bertumbuh. Yakni di usia 18-19 tahun. Umumnya, memang sebaiknya lakukan operasi hidung lebih awal jika Anda menginginkannya. Karena kulit akan membungkus bagian hidung lebih baik dibandingkan ketika kulit sudah semakin menua dan sulit untuk beradaptasi.

Di usia 30-an

Untuk Anda yang ingin melakukan liposuction, usia 30-an ke atas adalah waktu yang optimal. Karena kulit yang masih elastis sehingga memberikan hasil baik. Kulit yang lebih muda lebih cepat terbentuk menjadi rapi. Anda juga dapat memperbaiki bentuk tubuh secara efisien melalui diet dan olahraga di usia 20-an.

Di usia 40-an

Jika Anda berencana untuk membangun sebuah keluarga, tetapi belum memiliki anak, sangat penting untuk menunda waktu melakukan breast lift. Hal itu dikarenakan kehamilan merubah bentuk payudara dan dapat merusak hasilbreast lift Anda.

Sangat direkomendasikan juga untuk menunggu sampai Anda melahirkan anak terakhir sebelum melakukan prosedurtummy tuck. Karena kehamilan akan merenggangkan kulit perut Anda.

Usia 50 keatas

Face lift dan operasi kelopak mata sangatlah efektif di rentang usia ini. Bagaimanapun, lebih baik melakukan face lift sejak usia 40-an dan memperbaikinya kemudian di usia 50-an. Langkah ini akan menciptakan hasil lebih baik dan membantu menjaga tampilan muda lebih lama.

Program Pasca-Operasi

Ilustrasi | topmetro.news

Bagaimana cara mengetahui bahwa operasi Anda berjalan lancar? Segala prosedur memiliki risiko. Tetapi dengan terus menjaga kesehatan, akan membantu penyembuhan dan mengurangi risiko komplikasi serta mempercepat penyembuhan.

Hal ini termasuk dengan menjaga berat badan yang sehat, berhenti merokok dan menghindari alkohol untuk beberapa saat sebelum dan setelah prosedur. Sangat penting agar pasien selalu bisa konsultasi tentang apa pun dengan dokter bedah mereka. Ini untuk meyakinkan, bahwa ekspektasi mereka adalah hal realistis dan hasil optimal dapat dimiliki.

Dokter bedah juga harus memiliki standar yang menyatakan mereka sebagai dokter bedah terakreditasi.

Anda juga harus rajin melakukan riset dan membaca review untuk meyakinkan diri bahwa Anda sudah memilih dokter terbaik. Dokter terbaik tidak akan memaksa Anda untuk melakukan prosedur di luar kehendak. Atau menawarkan paket tertentu yang akan mempengaruhi keputusan Anda.

sumber | today.line.me

Related posts

Leave a Comment