You are here
Jajaran Komisioner KPU Samosir Audiensi ke Kapolres Politik 

Jajaran Komisioner KPU Samosir Audiensi ke Kapolres

topmetro.news – Jalin koordinasi yang baik, jajaran komisioner KPU Samosir bersilahturahmi dengan Kapolres Samosir AKBP M Saleh di Mapolres Samosir, Selasa, (8/10/2019).

Ketua KPU Samosir Ika Rolina didampingi empat komisioner lainnya serta Sekretaris KPU Pahala Sinaga. Mereka diterima Kapolres Samosir di ruang kerjanya.

KPU menyerahkan PKPU 15 Tahun 2019 tentang ‘Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020’.

“Sesuai dengan PKPU 15 2019 tahapan pilkada sudah dimulai sejak 1 Oktober 2019 lalu. Dimana KPU dan Pemkab Samosir sudah menandatangani NPHD anggaran Pilkada 2019. Dan sekarang lagi tahap meregistrasi anggaran tersebut ke KPU RI,” kata Ketua KPU Ika Rolina.

Sinergitas KPU dan Keamanan

Lebih lanjut Ika Rolina menjelaskan bahwa pada 26 Oktober 2019 akan dimulai sosialisasi syarat dukungan untuk calon perseorangan. Dimana calon independen ini harus memenuhi syarat, memperoleh KTP maksimal 10 persen dari jumlah DPT. Dan harus sudah diserahkan untuk diverifikasi KPU.

“Kita audensi ke Kapolres Samosir mengingat pentingnya sinergitas antara KPU dan pihak keamanan. Dalam hal ini kepolisian, demi terlaksananya pilkada yang aman dan damai,” jelas Ika.

Kapolres Samosir AKBP M Saleh menyampaikan keinginannya agar dalam hal koordinasi, KPU dan jajaran polres senantiasa saling memberikan informasi-informasi penting lainnya.

“Tidak hanya seputar tahapan Pilkada 2020. Namun juga hal-hal lain yang berkembang di masyarakat yang dapat mempengaruhi kelancaran pelaksanaan pilkada. Sehingga masing-masing instansi dapat bekerja sesuai tugas dan fungsinya,” katanya.

Dalam pertemuan singkat tersebut masing-masing instansi sepakat untuk melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan Pilkada 2020 di Kabupaten Samosir yang aman, tertib, dan damai.

“Kepolisian siap menyambut dan melaksanakan kesuksesan Pilkada 2020 dengan motto melayani,” pesan Kapolres Samosir.

KPU Ngopi Bareng Wartawan

Usai audiensi, KPU Samosir bincang-bincang ringan bersama sejumlah wartawan di salah satu kedai kopi. Perbincangan seputar Pilkada Samosir yang akan digelar tahun 2020.

Kepada topmetro.news, Ketua KPU Ika Rolina menjelaskan bahwa kehadiran mereka di warung tersebut adalah selepas ketemu dengan Kapolres Samosir. “Setelah ketemu Polres kita ngopi yang kebetulan teman-teman pers lagi ngumpul disitu. Dan Kita diskusi ringan terkait tahapan Pemilihan Kepala Daerah 2020,” ujar Ika.

Dan menurut info di lapangan, warung tersebut adalah milik salah satu tim sukses bacalon Bupati. Menanggapi hal ini, Ika mengatakan bahwa tempat tersebut adalah warung, tempat terbuka.

“Itu kan warung dan pas di depan Mapolres. Ada teman-teman pers disitu. Kita nimbrung. Jika ada yang mempolitisir kehadiran kami disitu untuk memenangkan salah satu calon, itu salah besar. KPU adalah lembaga yang independen dan netral. Kita duduk disitu murni karena teman-teman pers dan untuk diskusi ringan dengan mereka,” jelas Ika.

reporter | Tetty Naibaho

91 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment