Toyota Luncurkan Kapal Bermesin Hibrida Pertama di Dunia

TOPMETRO.NEWS – Sebuah kapal bermerek Toyota mungkin masih terdengar asing di telinga, tapi kapal itu benar-benar ada. Bahkan, kapal Toyota itu adalah kapal dengan mesin hibrida pertama di dunia.

Toyota, menurut Auto Evolution,baru – baru ini, telah memperkenalkan prototipe kapal bermesin hibrida pertama di dunia. Perkenalannya dilakukan di Jepang, beberapa waktu lalu.

Salah satu roda empat terlaris dunia ini pun menegaskan komitmennya untuk melakukan studi jangka panjang mengenai kapal bermesin hibrida.

Prototipe buatan Toyota ini sendiri merupakan terobosan di industri perkapalan. Pasalnya, kebanyakan kapal masih menggunakan mesin diesel dengan emisi gas buang sangat jauh dari standar di dunia otomotif global.

Kapal-kapal bermesin diesel itu bahkan memproduksi CO2, NOx, dan kandungan gas berbahaya lainnya dengan kadar jauh lebih banyak dibanding mobil bermesin diesel produksi dua dekade lalu.

Lebih lanjut, kapal Toyota tersebut dimodali mesin 3.0 l bertenaga 260hp yang dipadukan motor listrik berdaya 48hp. Motor listriknya disokong baterai ion-lithium berkapasitas 11 kWh, 304 Volts.

Kapal ini bisa berjalan dengan memanfaatkan mesin hibridanya atau hanya menggunakan motor listriknya. Toyota dikabarkan telah meminjamkan kapal hibrida mereka ke pemerintah kota Tokyo secara gratis, dengan harapan dapat mendapatkan tanggapan dan data pemakaian.

Kapal hibrida Toyota akan dipergunakan untuk tujuan wisata. Turis ataupun penduduk Tokyo dapat menaikinya sembari menyusuri Pelabuhan Tokyo.

Kapal ini nantinya didayagunakan pula saat Olimpiade Tokyo 2020.(TMN)

Related posts

Leave a Comment