Gedung Baru Makopolres Batubara Diresmikan, Kapoldasu Bilang Siap ‘Jewer’ Kapolres

Peresmian gedung

 

topmetro.news – Gedung baru Markas Komando Kepolisian Resor Batubara diresmikan. Peresmian gedung dari anggaran APBN senilai lebih dari Rp6 miliar tersebut dilakukan Kapolda Sumut Irjen (Pol) H Agus Andriyanto SH MH, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Limapuluh, Limapuluh, Batubara, Kamis (31/10/2019).

Dalam laporannya, Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang SH MHum menguraikan, bahwa kontraktor yang memenangkan tender di LPSE melalui sistem Unit Layanan Pengadaan (ULP) adalah PT Polung Karya Abadi. Sedang tipe bangunan gedung yakni tipe 1185. Yang seyogyanya 1 lantai diubah menjadi 2 lantai dengan waktu pengerjaan selama 150 hari kerja.

Demikian luas tanah yang diperuntukkan pada gedung utama, lalu diperkecil dari rencana sebelumnya. Akan tetapi kelebihan tanah yang letaknya persis di belakang gedung utama dimanfaatkan untuk gedung baru Kantor Satreskim dan Kantor Sattahti serta Kantin Bhayangkari. Sementara eks Kantor Satreskrim lama akan direlokasi untuk Sekolah TK Bhayangkari.

Masih menurut penuturan Kapolres Batubara, bahwa pihaknya telah mengusulkan gedung 8 Polsek dari 4 Polsek yang sekarang sudah ada di jajaran Polres Batubara. Begitu pula Robinson mengungkapkan, kalau Kantor Polsek Limapuluh sampai hari, masih menyewa sebuah ruko di Jalinsum Desa Perkebunan Dolok, Limapuluh.

Selanjutnya masih dalam acara yang sama, ketika memberikan kata sambutan, Bupati Batubara Ir Zahir MAP mengatakan, pihaknya kini sedang merencanakan pembangunan perkantoran satu atap di areal tanah PT Socfindo seluas 50 hektar untuk tahap awal. “Kami sedang merencanakan ada kantor di satu lokasi. Dan sebagai tahap awal Socfindo bersedia melepas tanahnya seluas 50 hektar,” ungkapnya.

“Mudah-mudah dengan keberadaan gedung baru ini, Polres Batubara dapat menjalankan tugas kepolisian di Kabupaten Batubara dengan lebih nyaman. Dan perlu kami laporkan bahwa selama ini kerjasama antara pemkab dan Polres Batubara tetap berjalan dengan sangat baik. Semoga ke depan akan semakin bertambah lebih baik lagi,” bilang Zahir.

Jewer Kapolres

Sementara Kapolda Sumut Irjen (Pol) H Agus Andriyanto SH MH menegaskan bahwa Polres Batubara ada karena adanya Kabupaten Batubara. Oleh karenanya Polres Batubara wajib mendukung Pemkab Batubara guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Batubara. Seoptimal mungkin Polres Batubara bersinergi dengan semua pihak dalam mengawal pembangunan. Demi menciptakan kesejahteraan terutama bagi masyarakat Batubara.

“Mudah-mudahan kehadiran gedung baru Makopolres Batubara ini bisa meningkatan kinerja dan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Dan kiranya Polres Batubara bisa memenuhi harapan masyarakat. Kalau tidak bisa memenuhi harapan dan menyalahi aturan, silahkan laporkan kepada Poldasu. Tapi jangan terus melambung-lambung sampai ke Jakarta. Saya jamin, nanti pasti kami yang akan lebih dulu ‘men-jewer’ Kapolresnya,” ucap Kapoldasu.

“Saya ingatkan bahwa pemerintah daerah adalah merupakan kepanjangan tangan dati pemerintah pusat, semua program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat adalah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Agar yang diprogramkan dapat tetap dapat berjalan, maka bangun kerjasama dan mobilisasi seluruh badan usaha didaerah guna mengalokasikan Dana CSR demi tujuan kesejahteraan masyarakat”, kata Irjen Agus menyarankan.

Kapoldasu juga mengatakan, mudah-mudahan dibawah kepemimpinan Zahir terkait perizinan dapat dipermudah. Dan Pemkab Batubara bisa menyerderhanakan panjangnya retetan birokrasi sehingga kemudian akan membantu investor yang ingin menanamkan modalnya di Kabupaten Batubara. Kapoldasu juga memerintahkan agar Polres Batubara mampu menjamin kwalitas pelayanan kepada masyarakat.

Reporter | Bima Pasaribu

Related posts

Leave a Comment